Kamis 12 Jun 2014 16:52 WIB

Fotografi Medium Efektif Promosikan Pariwisata

Pameran Foto Indonesia
Foto: Republika/Adhi Wicaksoni
Pameran Foto Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan komunitas fotografi Indonesia kembali menggelar Lomba dan Pameran Foto Indonesia (LPFI) 2014 untuk memperebutkan Piala Presiden RI serta hadiah total Rp375 juta.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu mengatakan penyelenggaraan LPFI 2014 yang mengangkat tema "Indonesia Bersatu dalam Keragaman" merupakan kali kelima dalam rangka mengisi rangkaian peringatan HUT RI serta mendorong berkembangnya fotografi Indonesia.

"Lomba yang dibuka sejak 20 April 2014 dan akan?ditutup pada 20 Juni?2014?pukul 24.00 WIB sebagai batas terakhir pengiriman foto ini, diharapkan semakin diminati masyarakat sehingga target jumlah foto yang masuk ke panitia makin meningkat," kata Menteri.

Menurut dia travelling dan fotografi memiliki keterkaitan dan saling mendukung serta memperkuat keberadaan usaha itu sendiri. Produk dan jasa kreatif, kata dia, dapat dimanfaatkan sebagai?alat untuk mempromosikan destinasi wisata, sedangkan daya tarik wisata dapat menjadi inspirasi bagi pelaku kreatif untuk menciptakan karya kreatif yang unik.

"Fotografi merupakan satu di antara 15 sub-sektor ekonomi kreatif sebenarnya mudah untuk dipelajari, dan fotografi adalah salah satu media untuk bercerita dengan baik. Melalui foto seorang fotografer dapat bercerita tetang banyak hal. Sering kali, fotografi yang baik dapat menggugah perasaan dibandingkan dengan tulisan semata," kata Mari.

Ia mengatakan melalui kegiatan LPFI 2014 pihaknya berupaya agar para fotografer dari seluruh provinsi di Indonesia mengenali dan mempromosikan potensi yang ada di daerah asal mereka melalui media fotografi.

Dalam LPFI 2014, para peserta dapat mengirimkan foto (7 karya foto) sesuai dengan daerahnya sehingga menunjukkan karakteristik Indonesia yang beragam dan masyarakatnya yang ramah dan hidup rukun dalam persatuan dan kesatuan wilayah Indonesia.

LPFI merupakan satu-satunya kontes foto di Indonesia yang menerapkan pengiriman foto berdasarkan domisili provinsi peserta. Pada tahun ini, sistem pengiriman karya menggunakan micrositek husus kontes foto secara online untuk mempermudah pengumpulan foto peserta.

Mari berpendapat kontes fotografi ini dari tahun ke tahun semakin diminati masyarakat hal itu terlihat dari jumlah foto yang masuk ke meja panitia pada 2013 jumlah peserta mencapai 5.842 orang dengan jumlah 20.981 foto.

Sementara tahun inidiharapkan meningkat, melebihi jumlah tahun 2013.

Salah satu daya tarik utama dari lomba foto LPFI 2014 adalah hadiahnya berupa Piala dan Piagam dari Presiden RI serta uang masing?masing sebesar Rp40 juta untuk kategori pelajar, Rp50 juta kategori mahasiswa, dan Rp60 juta untuk kategori umum.

Hadiah Piala dan Piagam Presiden RI juga diberikan kepada para finalis.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement