Selasa 03 Jun 2014 09:11 WIB

Kunjungan Wisman Melalui Bandara Lombok Meningkat Tajam

Sejumlah penumpang keluar dari pintu kedatangan Bandara internasional Lombok (BIL) di Praya, Lombok Tengah Download :
Foto: Antara/Ahmad Subaidi
Sejumlah penumpang keluar dari pintu kedatangan Bandara internasional Lombok (BIL) di Praya, Lombok Tengah Download :

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia dalam Kuartal I tahun 2014 mengalami peningkatan sebesar 10,64 persen, dibanding periode yang sama pada tahun lalu. Trasportasi udara masih yang tertinggi sebagai pilihan wisman. 

Data dari BPS dan Pusdatin Kemenparekraf menyebutkan, kunjungan wisman melalui tiga pintu utama yakni Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Ngurah Rai, dan Batam pada empat bulan pertama tahun 2014 mengalami pertumbuhan tinggi. Masing-masing sebesar 7,57 persen, 14,84 persen dan 10,39 persen. 

Pertumbuhan tinggi juga terjadi pada pintu masuk Bandara Kualanamu Medan sebesar 11,75 persen, Makassar sebesar 17,03 persen, Bandara Internasional Lombok (BIL) sebesar 190,59 persen, Bandara Adisucipto Yogyakarta dan Husein Sastranegara Bandung masing-masing sebesar 35,56 persen dan 16,58 persen. 

Selain itu pertumbuhan tinggi juga terjadi pada Bandara Minangkabau Sumatera Barat, pada Januari-April 2014 mengalami peningkatan sebesar 23 persen. Angka ini diharapkan terus bertambah, khususnya pada awal Mei dan Awal Juni, mengingkat adanya event internasional balap sepeda Tour de Singkarak. 

Secara keseluruhan Mari Elka Pangestu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memberi perhatian khusus pada Bandara International Lombok (BIL). Pasalnya, pintu masuk ini menunjukkan keistimewaan karena selama Januari-April berturut-turut mengalami pertumbuhan yang stabil di atas 130 persen. 

"Salah satu faktornya adalah penerbangan langsung dari Australia," kata Mari Elka pada paparan tentang pencapaian kinerja sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, Senin (2/6) siang, di Jakarta. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement