Sabtu 31 May 2014 12:00 WIB

Yuk ke Kulon Progo Days

Hasil kerajinan Kulon Progo.
Foto: Antara
Hasil kerajinan Kulon Progo.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar "Kulon Progo Day" sebagai ajang promosi potensi sumber daya daerah kepada calon investor atau pengusaha.

Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (BPMPT) Kulon Progo Agung Kurniawan di Kulon Progo, mengatakan "Kulon Progo Day" digelar bekerja sama dengan Bank Indonesia Kantor Perwakilan DIY dan Museum Benteng Vredeburg.

Ia mengatakan acara itu sebagai sarana fasilitas bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam menjalin kerja sama kemitraan dengan pengusaha provinsi maupun nasional.

"Adanya megaproyek yang akan beroperasi di Kulon Progo diharapkan pelaku UMKM tidak hanya menjadi penonton akan tetapi menjadi pemain-pemain dalam proyek-proyek tersebut sehingga akan memberikan efek bagi peningkatan taraf hidup masyarakat Kulon Progo," kata Agung seperti dilansir Antara.

Selain itu, kata Agung, tujuan kegiatan Kukon Progo Day ini juga sebagai sarana untuk meningkatkan kapasitas para pelaku UMKM melalui pemberian motivasi dalam pengembangan bisnis.

"Kegiatan ini sebagai salah satu upaya agar pelaku UMKM tetap bisa eksis di tengah berkembangnya mega proyek yang akan beroperasi di Kabupaten Kulon Progo maka diperlukan motivasi untuk membangkitkan jiwa dan semangat wirausaha para pelaku UMKM," kata Agung.

Rencananya, lanjut Agung, kegiatan Kulon Progo Day akan berlangsung pada 1-5 Juni atau Ahad-Kamis di lingkungan kantor Pemkab Kulon Progo.

Untuk memeriahkan acara Kulon Progo Day, pemkab menyelenggarakan berbagai kegiatan yakni 'Fun Bike' pada Ahad (1/6) dengan start di Alun-alun Wates dan finish di Halaman Pemkab Kulon Progo, untuk menggairahkan Kulon Progo sebagai kota sepeda.

Selain itu, ada lomba mewarnai dan melukis untuk anak TK dan SD (3/5) di Gedung Baru Setda Kulon Progo, pameran Museum Benteng Vredeburg (1-5/6) di Lobi Gedung Kaca dan Ruang Rapat Lantai I Gedung Kaca, pameran produk UMKM.

Agung mengatakan acara utama Kulon Progo Day yakni talk show kewirausahaan pada Kamis (5/6) 5 Juni 2014) dengan tema "Menumbuhkan kewirausahaan Baru di Kulon Progo dalam Menghadapi Mega Proyek", dipandu oleh Andy F.Noya dengan narasumber Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo, Manajer KSU Jatirogo( Eko Setyowati ), dan penderes gula kelapa Ratip.

Kegiatan lainnya pemutaran film oerjuangan setiap malam dan hiburan kesenian setiap sore setelah jam kerja di halaman Pemkab Kulon Progo, dan penutupnya pagelaran wayang kulit pada Kamis (5/6) di Alun-alun Wates dengan dalang Ki Rusmadi, bintang tamu Yu Beruk, Dalijo, Den Baguse Ngarso, dengan lakon "Semar Mbangun Kayangan".

"Kami berharap, kegiatan Kulon Progo Day membawa positif terhadap perubahan masyarakat Kulon Progo," kata Agung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement