Rabu 28 May 2014 13:59 WIB

Budaya Mengulek Indonesia

Terasi yang sedang dijemur.
Foto: Antara
Terasi yang sedang dijemur.

REPUBLIKA.CO.ID, Sambal Indonesia, menurut James Peterson -pengarang buku Sauces, Classical and Contemporary Sauce Making- terbuat dari bahan-bahan yang banyak dipakai pula dalam makanan Thailand. Dan, pembeda dari rasa khas Indonesia dengan Thailand terletak pada penggunaan terasi.

Bukan berarti menu Thailand atau Vietnam tidak lekat dengan ikan atau udang yang diolah. Bila terasi adalah rasa otentik Indonesia, maka saus ikan memberi aroma dan rasa yang lebih tajam bagi makanan Thailand dan Vietnam.

Dalam bukunya, pengajar di French Culinery Institute dan Institute of Culinery Education ini menambahkan kalau mengulek adalah bagian besar dari budaya masak bangsa Indonesia. Istimewanya lagi, bumbu ulek Indonesia itu jauh lebih beragam ketimbang bumbu ulek Thailand.

Kata dia, bumbu Thailand sangat standar. Maksudnya kombinasi bumbu kari Thailand, misalnya, selalu mudah ditebak. Namun, Indonesia mempunyai rumusan bumbu yang berbeda-beda untuk tiap masakannya.

''Bumbu Asia yang kompleks itu tidak mudah bahkan bagi koki terlatih sekalipun,'' tulis Peterson. Tentu yang dimaksudnya adalah koki dari Barat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement