Selasa 27 May 2014 08:01 WIB

Berkreasi dengan Seafood Olahan

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Jangan hanya goreng atau kukus seafood olahan, padukan dengan saus atau bahan makanan lain demi sajian yang lebih istimewa.
Foto: Rakhmawaty La'lang/Republika
Jangan hanya goreng atau kukus seafood olahan, padukan dengan saus atau bahan makanan lain demi sajian yang lebih istimewa.

REPUBLIKA.CO.ID, Seafood olahan kini makin mudah ditemukan. Keberadaan makanan beku tersebut menjadi solusi praktis bagi mereka yang sibuk. Tinggal goreng atau rebus, seafood pun bisa dinikmati seluruh anggota keluarga.

Di luar cara standar untuk menikmati seafood olahan, sebetulnya ada banyak cara lain yang bisa dicoba. Gorengan, contohnya, tak hanya bisa dicocol dengan mayones, saus sambal, dan saus tomat.

“Untuk mendapatkan rasa yang berbeda, coba saja menghidangkannya dengan sambal dabu-dabu atau sambalado,” ujar chef Arnold memberi inspirasi.

Selain itu, seafood olahan juga dapat dikreasikan sebagai bahan masakan. Baik untuk nasi goreng, pasta, sup, atau omelet. Hari Susana menjadi Juara Umum Sealicious Cooking Competition 2014 dengan membuat dua kreasi makanan dari seafood olahan berupa makanan pembuka dan makanan utama.

Sebagai makanan pembuka, seafood olahan bisa dibuat menjadi ebi fry salad carrot sauce, paprika toping avocado salsa with shrimp nugget, dan guacamole seafood stick with honey lime salad. Selain itu, bisa juga dimasak menjadi shrimp ball and mushroom soup. Hari menjuarai kompetisi yang digelar oleh Fiesta Seafood tersebut dengan membuat steak eggroll with hot sweet sauce.

Ia mengatakan, steak eggroll with hot sweet sauce cukup mudah untuk disiapkan. Cukup campur telur, terigu, dan air, lalu bumbui dengan sedikit garam. Adonan itu kemudian dikocok hingga rata, lalu digoreng menjadi dadar tipis.

Sebagai pelengkap, Hari membuat acar yang terdiri atas timun dan wortel yang diserut memanjang. Sayuran tersebut ia beri gula pasir, garam, jeruk nipis, dan minyak zaitun. “Semua bahan acar itu dicampur dan aduk hingga rata, lalu diamkan sebentar agar meresap,” kata Hari.

Selanjutnya, Hari menyiapkan saus dengan menghaluskan cabai dan bawang putih, mencampurnya dengan air, lalu menyaringnya untuk membuang ampas cabai dan bijinya. Bahan saus setelah itu direbus dan diberi tambahan gula, garam, irisan jahe, dan jeruk nipis. “Masak hingga mengental dan beri beberapa helai daun ketumbar,” urai Hari menguraikan proses pembuatan saus.

Menuntaskan masakannya, Hari meletakkan sepotong seafood batangan yang telah digoreng di atas dadar tipis, menyelipkan sehelai daun ketumbar dan sedikit acar, lantas mengulungnya hingga rapi. Steak eggroll lalu dihidangkan dengan saus asam manis.

Untuk makanan utama, Hari membuat creamy seafood macaroni. Peserta lain menghidangkan potato shrimp roll-mushroom sauce, sop rempah dengan bakso udang dan tofu udang, creamy seafood spaghetti with cilantro and paprika, dan sambalado nugget udang.

Cara membuat creamy seafood macaroni sangat simpel. Pertama, Hari mendidihkan air yang ditambahkan garam untuk merebus makaroni. Proses perebusan cukup 10 menit. “Setelah makaroni mengembang, angkat, tiriskan, lalu lumuri dengan minyak zaitun.”

Berikutnya, panaskan mentega dan tumis bawang bombay hingga harum, lalu masukan jamur dan fish ball. Aduk hingga matang dan masukan krim. Bumbui dengan garam, kaldu bubuk, dan merica bubuk. Selanjutnya, masukan makaroni dan daun ketumbar cincang. Aduk sebentar, kemudian angkat.

Untuk menambah nikmat makaroni tersebut, Heri merekomendasikan tambahan ebi yang sudah digoreng garing di atasnya. Sajikan creamy seafood macaroni selagi hangat. Selamat mencoba!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement