Jumat 23 May 2014 07:11 WIB

Media Berperan Penting Majukan Pariwisata Bantul

Pantai Parangtritis (ilustrasi)
Foto: nexttriptourism.com
Pantai Parangtritis (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Bambang Legowo, mengemukakan media massa memiliki peran penting dalam memajukan sektor pariwisata di wilayah itu.

"Di era komunikasi sekarang ini pengaruh media terhadap orang untuk melakukan sesuatu sangat tinggi, begitu juga orang akan melakukan perjalanan ke objek wisata juga atas adanya informasi dari media," katanya di Bantul, Jumat.

Menurut dia, beberapa objek wisata di Bantul yang selama ini mendapat perhatian kalangan media untuk diberitakan di antaranya Pantai Parangtritis dan sejumlah pantai selatan lainnya.

Ia mengatakan dengan dukungan media massa yang hampir setiap hari memuat berita tentang pariwisata, akan semakin memberikan informasi bahwa sebuah objek wisata itu layak dikunjungi atau tidak.

"Ini akan berdampak pada lonjakan wisatawan sekaligus kemajuan pariwisata, dan harus diakui rahasianya terletak pada dukungan media massa baik lokal, nasional, cetak maupun elektronik yang memuat berita tentang pariwisata dan budaya di Bantul," katanya.

Bahkan, pihaknya yakin berita-berita yang memuat abrasi, kecelakaan laut, perusakan lahan pantai ternyata tidak berpengaruh negatif bagi animo wisatawan untuk berkunjung ke Bantul. 

"Belum ada penelitian yang valid atas peran media terhadap kepariwisataan dan ekenomi krearif di Bantul. Tetapi yang terjadi merupakan sebuah hasil pembuktian atas teori komunikasi yang sudah ada, salah satunya media massa," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement