Ahad 18 May 2014 11:43 WIB

Yuk...Berwisata ke Poso (3-habis)

Red: M Akbar
Goa Pamona, Poso
Foto: Republika/Yasin Habibi
Goa Pamona, Poso

REPUBLIKA.CO.ID, Ketika berkunjung di Poso, Anda tidak hanya bisa menemukan danau Poso yang sudah kesohor saja. Tapi dengan berkunjung ke daerah sejuk ini Anda dapat juga menemukan sejumlah destinasi wisata yang tak kalah menarik dibandingkan dengan danau Poso.

Apa saja destinasinya? Berikut sekelumit daftar yang perlu Anda catat dan layak untuk dikunjungi

1. Goa Pamona

Goa Pamona ini berada di sisi sebelah barat danau Poso. Gua ini memiliki 24 kamar. Kamar yang dimaksud di sini adalah sebuah ruangan yang dijadikan tempat penyimpanan tulang-belulang manusia. Ukuran mulut gua ini setara dengan bentangan tangan orang dewasa. Untuk bisa memasukinya kita harus berjalan menunduk.

Saat berkunjung ke tempat ini, saya hanya bisa mencapai kamar tujuh. Perjalanan tak bisa dilanjutkan karena untuk menembus ke kamar berikutnya, celah atau lubang penghubungnya berukuran cukup kecil. Selain itu juga, pencahayaan selepas kamar tujuh sudah sangat minim. Alhasil, tanpa membawa lampu senter maka akan sulit untuk melanjutkan perjalanan.

2. Air Terjun Saluopa

Tempat ini sangat menarik untuk disambangi jika kebetulan singgah ke Tentena dan Danau Poso. Letaknya di Desa Saluopa, Kecamatan Pamona Utara. Wahana rekreasi yang dihadirkan di sini adalah air terjun dengan 12 tingkat. Untuk menyusuri setiap tingkatan air terjun ini tak terlalu licin karena terbuat dari batu karang.

Keasrian air terjun ini juga masih begitu terasa. Udara sejak dan air yang bening menjadi hal yang memikat untuk dirasakan. Selain itu di sekitar lokasi ini ditumbuhi pula oleh beragam tanaman. Selain dihiasi oleh tanaman coklat, ketika berada di sekitar air terjun ini banyak sekali pohon-pohon yang jangkung. Diantaranya ada pohon cempaka, taiti dan kase.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement