Ahad 18 May 2014 11:25 WIB

Pantai Tanjung Karang, Eksotisme dari Donggala (1)

Red: M Akbar
Pantai Tanjung Karang Donggala
Foto: Republika/Yasin Habibi
Pantai Tanjung Karang Donggala

REPUBLIKA.CO.ID, Tak akan lengkap rasanya jika berkunjung ke Sulawesi Tengah tanpa menyempatkan waktu ke pantai Tanjung Karang. Lebih khusus lagi bagi Anda yang menggemari olahraga menyelam. Di pantai ini, tersedia spot menyelam dengan pemandangan terumbu karang dan ikan laut yang berwarna warni di dasar lautan.

Lokasi pantai ini berada di daerah kabupaten Donggala. Waktu tempuhnya tak sejauh jika dibandingkan dengan jarak menuju Pantai Barat. Dari kota Palu, jaraknya hanya sekitar 35 kilometer dengan waktu tempuh tak sampai satu jam.

Dari sejumlah hamparan pantai yang menarik di Sulawesi Tengah ini, pantai Tanjung Karang menjadi salah satu yang sudah dikelola secara lebih baik. Untuk menuju tempat ini, sudah ada penunjuk arah. Terutama saat memasuki kota Donggala. Bahkan ketika memasuki kawasan pantai ini, terdapat gapura dengan tulisan Welcome to Tanjung Karang Beach.

Pengelolaan yang sudah lebih baik itu terlihat juga dengan ketersediaan fasilitas. Diantaranya tempat penginapan, saung tempat berteduh yang berada di bibir pantai hingga perahu bertenaga mesin tempel berkekuatan 5 PK yang siap menjamu para wisatawan.

Saat saya menyambangi tempat ini, situasi di sekitar pantai terlihat lengang. Saung tempat berteduh juga sepi. Selama saya menikmati keindahan alam di pantai ini, saya hanya melihat satu rombongan kecil yang tengah berkeliling pantai dengan perahu mesin. ''Kalau hari kerja seperti ini biasanya tak banyak orang,'' kata Bakri, salah satu pemilik kapal yang mengantarkan saya berkeliling pantai Tanjung Karang. ''Kalau hari liburan atau akhir pekan, pengunjung yang ke sini baru banyak yang datang,'' lanjutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement