Jumat 16 May 2014 13:34 WIB

EXO, 2NE1, BigBang, Siapa yang Bisa Taklukkan Pasar AS?

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Djibril Muhammad
EXO, 2NE1, Big Bang
Foto: Kpopstarz
EXO, 2NE1, Big Bang

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Dalam beberapa acara musik baru-baru ini, 2NE1 menjadi fokus dari percakapan utama wartawan asing di Amerika Serikat (AS).

Mengingat begitu jelasnya perbedaan antara 2NE1 dan Girls Generation pada 2012, media asing kemudian mencari lebih luas paparan mengenai arti K-pop sebenarnya.

Hasilnya, penonton AS lebih mudah menerima kehadiran empat gadis ini dibandingkan dengan sembilan anggota SNSD alias Girls Generation.

Sejak itu, dunia K-pop terus melakukan terobosan di AS hingga sukses akibat fenomena 'Gangnam Style.'

EXO telah dipasarkan di dunia internasional sejak debut mereka pada 2012. EXO-M tampil di KCON perdana pada 2012 dan bergabung dengan EXO-K untuk KCON 2013. Baru-baru ini, EXO-M tampil di Korea Times Music Festival.

EXO telah berkembang menjadi salah satu kelompok yang paling mungkin memenangkan penghargaan pop Korea dan telah menunjukkan prestasi mereka terus menerus.

Album 'XOXO' dan 'Overdose' dilengkapi dengan fitur R&B dan hip hop juga memperkuat daya tarik mereka ke khalayak AS. Maklum, EXO memiliki banyak penggemar di AS.

Sementara SM Entertainment memanfaatkan penampilan EXO diacara-acara seperti KCON, YG Entertainment telah melibatkan musisi mereka, BigBang dengan musisi internasional sekaliber Diplo dan Skrillex.

Selain pintar promosi di media sosial yang menampilkan sederet musisi YG dengan artis seperti Snoop Lion, YG telah menerima banyak perhatian media asing dibandingkan manajemen musik lainnya di Korea.

Sebelumnya, pada 2014, BigBang dan 2NE1 fokus menjalani sesi wawancara dengan Fuse TV AS. 2NE1 menerima sambutan sangat positif melalui penampilan mereka pada episode 'The Bachelor' dan rilis album 'Crush' mereka.

2NE1 meraih peringkat teringgi musisi K-pop di tangga lagu Billboard 100, memecahkan rekor yang sebelumnya diciptakan BigBang.

Saat ini, BigBang tengah sibuk mempersiapkan album comeback mereka. Pertanyaannya adalah, apakah album terbaru mereka nanti akan sukses menyusup ke pasar Amerika? BigBang menerima banyak pujian lewat album 'Alive' mereka pada 2012 dan menghasilkan konser tur dunia tersukses yang pernah diciptakan oleh grup-grup Korea Selatan.

ROLers, manakah grup K-pop yang menurut Anda paling sukses menembus pasar AS ke depannya?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement