Rabu 14 May 2014 13:38 WIB

Trik Membuat Jajan Pasar yang Sedap

Rep: Neni Ridareni/ Red: Indira Rezkisari
Bursa jajan pasar
Foto: dok Republika
Bursa jajan pasar

REPUBLIKA.CO.ID, Gampang-gampang susah. Begitu biasanya komentar orang jika ditanya soal pembuatan jajan pasar.

Malah ada yang bilang, membuat jajan pasar sangat rumit dan njlimet. Sebenarnya tidak terlalu sulit.

Sebelum membuat jajan pasar coba perhatikan beberapa tips ini :

- Rentang waktu antara pembuatan dengan saat jajan pasar itu dikonsumsi tidak boleh terlalu lama. Saat membuat jajan pasar untuk orang yang memesan selalu tanya, pada pukul berapa akan dikonsumsi.

Jika akan disantap pukul 08.00, maka jajan pasar bisa dibuat pukul 04.00 atau 05.00. Ini karena sejumlah jajan pasar tidak bisa masuk kulkas.

- Jika jajan pasar dibuat dengan menggunakan kelapa, pilih kelapa yang baru dan diparut sendiri. Jangan tergoda untuk membeli kelapa yang sudah diparut di pasar.

Membeli kelapa parut di pasar memang cepat dan praktis. Tapi kue bisa tidak jadi. Sebab, parutan pasar kerap kurang awet dan agak bau karena kebersihannya yang kurang.

- Kalau menggunakan beras ketan, pastikan beras ketan itu dicuci hingga bersih benar. Saat diolah, tepung ketan sebaiknya tidak diuleni terlalu lama karena bisa menjadi alot dan susah dibentuk.

Karena itu bila memasukkan bahan cair ke tepung ketan, lakukan sedikit demi sedikit sampai bisa dibentuk.

- Kalau bahannya memakai singkong, maka setelah singkong dikupas harus direndam dalam air terlebih dahulu selama 1-2 jam. Ini bertujuan menghilangkan racun dalam singkong.

- Lain lagi jika bahannya menggunakan jagung. Jagung yang telah dibeli sebaiknya segera dimasak. Sebab, jika terlalu lama didiamkan bisa berbau asam.

- Dan satu hal lagi yang tak boleh ketinggalan saat membuat jajan pasar adalah ketelatenan. Ini dia modal utama membuat jajan pasar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement