Selasa 13 May 2014 10:21 WIB

Jangan Pernah Simpan Makanan Ini Dalam Kulkas (1)

Tomat
Tomat

REPUBLIKA.CO.ID, Beberapa makanan tidak pernah cocok untuk disimpan dan kulkas. Penyimpanan di lemari pendingin ini justru akan merusaknya, atau menghilangkan rasa orisinalnya. Beberapa makanan, seperti dikutip dari Huffington Post justru akan cepat basi bila ditaruh di kulkas.

Kenapa mengambil risiko merusak rasa makanan, bila Anda bisa menyimpannya di tempat yang tepat. Kemungkinan besar Anda sudah membuat kesalahan saat menyimpan makanan-makanan ini dalam kulas. Ketika seharusnya tempat penyimpanan terbaik mereka adalah di lemari dapur.

1. Tomat

Tomat akan kehilangan rasanya saat disimpan di kulkas. Udara dingin kulkas juga menghentikan proses pematangan tomat. Dan, adalah proses itu yang membuat tomat memiliki segudang rasa.

Kulkas juga berpotensi merusak tekstur tomat. Udara dingin memecah membran dalam kulit buah, meninggalkan buah dalam kondisi bertepung. Simpan tomat dalam wadah di dapur.

2. Kentang

Menyimpan kentang di suhu dingin akan mengubah kandungan tepung di dalamnya menjadi gula lebih cepat. Anda pun akan merasakan kentang yang lebih manis dengan tekstur berpasir. Ketimbang menaruh kentang dalam kulkas, simpan di wadah kertas dalam suhu ruang yang sejuk. Tempat paling ideal menyimpan kentang adalah di kegelapan, seperti dalam lemari dapur.

Wadah kertas juga lebih baik dari plastik karena udara masih bisa menembus, membuat kentang tidak mudah busuk.

3. Alpukat

Kalau ingin alpukat cepat matang, jangan langsung menyimpannya di kulkas setelah membeli. Kebalikan namun bila membawa pulang alpukat yang sudah matang dan tidak ingin langsung dimakan. Alpukat seperti itu bisa disimpan dalam kulkas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement