Jumat 02 May 2014 20:00 WIB

Medan, Gerbang Komunitas Kopi Internasional

Secangkir kopi
Foto: Rakhmawaty La'lang/Republika
Secangkir kopi

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN --  Kota Medan menggelar International Coffe Festival dalam upaya menjadikan ibukota Provinsi Sumatera Utara itu menjadi ikon sebagai kota kopi di Indonesia.

Pelaksana tugas Wali Kota Medan Dzulmi Eldin mengatakan Kota Medan merupakan gerbang menuju komunitas kopi internasional dan memiliki peran penting dalam komoditas kopi. Banyak perusahaan melakukan kegiatan ekspor kopi ke mancanegara melalui Kota Medan, karena itulah dia sangat mengapresiasi atas digelarnya Festival Kopi Internasional ini.

"Kota Medan akhirnya memiliki satu perhelatan internasional terkait kopi. Saya berharap perhelatan ini bisa menjadi promosi sekaligus ikon baru bagi industri kopi di Sumatera Utara, terutama di Kota Medan yang sama-sama kita cintai ini," katanya.

Mantan Sekda Kota Medan ini selanjutnya berharap, gelaran ini dapat bermanfaat bagi pihak-pihak terkait seperti instansi pemerintah terkait, organisasi asosiasi bisnis kopi, hotel, kafe, restoran, pusat-pusat perbelanjaan, eksportir serta masyarakat luas.

Kemudian ia juga berharap kegiatan ini dapat mendorong percepatan perkembangan bisnis kopi di Indonesia, terutama melalui gerakan budaya minum kopi dengan tujuan membangun insdutri yang memiliki potensi pasar yang luar biasa ini "Melalui kegiatan ini akan membuka peluang-peluang untuk menjadikan Medan sebagai kota kopi di Indonesia," katanya.

Keinginan itu tidak terlepas dari semakin menjamurnya warung maupun kafe yang menyajikan aneka menu kopi di Kota Medan saat ini, jarak satu warung kopi dengan kafe kopi lainnya kini cukup berdekatan. Hal ini mengindikasikan masyarakat pecinta kopi saat ini sudah cukup banyak. Di tambah lagi Medan saat ini menjadi pusat pemasaran kopi untuk diekspor ke dalam maupun luar negeri.

"Malah kalangan dokter sudah ada membuat komunitas kopi sendiri. Jadi saya ingin melalui even ini, Medan tidak hanya terkenal sebagai kota kuliner saja tetapi juga sebagai kota kopi dengan memiliki ciri khas dua rasa yakni enak dan enak sekali," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement