Selasa 29 Apr 2014 22:53 WIB

Cermati Empat Hal Ini Sebelum Anda Memutuskan Liburan

Rep: Meiliani Fauziah/ Red: Nidia Zuraya
Liburan/ilustrasi
Foto: guardian.co.uk
Liburan/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Liburan ke tempat-tempat wisata menjadi salah satu andalan untuk melepas penat. Banyaknya maskapai yang memberikan promo tiket murah pun menjadikan langkah kaki semakin ringan.

Namun promosi biasanya menempatkan penumpang pesawat di kelas ekonomi. Padahal jika dipersiapkan dengan baik, pelancong bisa berlibur dengan pesawat reguler tanpa harus selalu mengandalkan promo. "Rajin-rajin cari informasi mengenai lokasi wisata, ini membantu memperkirakan budget yang tepat," ujar Independent Travel Consultant, Amalla Vesta dari Liburanlokal,com.

Berikut alokasi anggaran liburan yang perlu dicermati:

1. Transportasi

Beragam pilihan transportasi tersaji di depan mata. Jangan hanya mengandalkan pesawat, masih ada kereta api, bis kota atau travel. Pilih sesuai kenyamanan Anda.

2. Akomodasi

Jangan paksakan tinggal di penginapan murah jika tidak nyaman. Liburan seharusnya membuat hati senang, bukan justru tertekan. Jika tujuan liburan keluar negeri, cari tahu penduduk yang bersedia apartmennya disewakan. Harganya bisa lebih murah daripada di hotel, dengan kenyamanan yang tak jauh berbeda.

3. Rencana Perjalanan

Pastikan Anda tahu hendak kemana kaki melangkah di negeri orang. Semakin detail itenerary yang Anda buat, semakin mudah menentukan anggaran yang harus disiapkan.

4. Anggaran

Setelah melakukan tiga hal diatas, membuat anggaran perjalanan bisa jauh lebih mudah. Jangan lupa masukkan rencana belanja termasuk oleh-oleh. Bila Anda pecinta kuliner, bisa juga disediakan anggaran yang lebih besar untuk mencoba berbagai makanan khas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement