Rabu 26 Mar 2014 14:39 WIB

Mencocol Churros di Churreria

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Indira Rezkisari
Churros
Foto: howtocookthat.net
Churros

REPUBLIKA.CO.ID, Beberapa tahun terakhir, pencinta kuliner di Indonesia mulai akrab dengan churros. Camilan khas Spanyol ini dapat dijumpai di kedai kecil hingga restoran di mal. Di Spanyol, pedagang churros bertebaran di sepanjang jalan.

Sekilas, churros tampak mirip cakwe. Namun, rasanya sangatlah berbeda. Jika cakwe memiliki rasa asin dan gurih, churros justru manis seperti donat.

Bedanya, tekstur donat lembut di bagian dalam dan luar sedangkan churros cenderung garing di luar, tetapi lembut di dalam. Churros disajikan dengan minuman cokelat panas sebagai celupan.

Di Jakarta, ada gerai Churreria Spanish Chocolateria yang menawarkan churros aneka rasa. Akan tetapi, churros yang ditawarkan sudah disesuaikan dengan selera lidah lokal.

“Kalau di Spanyol, churros cenderung berasa hambar, tapi kalau di sini, saya buat agak manis,” ujar pemilik Churreria Spanish Chocolateria, Kent Rusli.

Di samping itu, Kent juga mengganti celupan cokelat panas dengan celupan saus cair. Pengunjung dapat memilih churros sesuai selera.

Ada lima pilihan rasa saus celupan (dip), yakni dark chocolate, milk chocolate, caramel, white chocolate, dan cheddar cheese. Pengunjung juga dapat memilih taburan di atas churros, yaitu bubuk kayu manis atau bubuk gula putih.

Aneka churros dan celupannya tersedia dalam beberapa porsi. Churros classic terdiri atas empat buah churros dan satu pilihan celupan ditawarkan seharga Rp 28 ribu.

Churros deluxe yang terdiri atas enam buah churros dengan dua pilihan celupan yang dibanderol Rp 48 ribu. Untuk porsi besar, ada churros fiesta seharga Rp 68 ribu dengan isi 12 buah churros dengan empat pilihan celupan.

Bagi Anda yang kurang menyukai makanan manis, jangan khawatir. Churreria juga menyajikan churros berasa gurih. Ada churros fries yang diperkaya sensasi lada hitam, garam, dan oregano, serta disajikan dengan saus barbeque. Untuk churros jenis ini, pengunjung cukup merogoh kocek Rp 46 ribu.

Kent juga memodifikasi penyajian churros layaknya pancake. Churros ala carte ini disuguhkan seperti pancake, yakni dengan es krim dan bahan pelengkap lainnya.

Churreria Spanish Chocolateria hadir di Grand Indonesia Shopping Town, Mall of Indonesia, Kota Kasabalanka, Gandaria City, Central Park, dan Summarecon Mall Serpong. Dalam waktu dekat, Churreria akan menambah gerai ketujuhnya di Mall Kelapa Gading.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement