Rabu 26 Feb 2014 15:54 WIB

Memanfaatkan Pisang yang Mulai Membusuk

Pisang
Foto: Feisal Omar/Republika
Pisang

REPUBLIKA.CO.ID, Punya pisang yang sudah mulai membusuk? Dengan kulit yang menghitam. Timbul bintik-bintik pada kulitnya yang kuning. Hingga mengeluarkan bau yang sedikit lebih tajam dari biasanya.

Jangan buru-buru membuang pisang yang kondisinya tak prima lagi. Kue pisang justru paling nikmati bila diolah menggunakan pisang yang mulai membusuk.

Pisang memang digemari para koki. Buah ini bisa dinikmati begitu saja. Diiris tipis dan dicampur dengan makanan lain, atau ditambahkan dalam berbagai resep yang butuh proses pemanggangan.

Pisang mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Seperti potasium untuk mengoptimalkan fungsi otak, jantung, dan otot. Kemudian mangan untuk kesehatan tulang, tisu, dan tekanan darah

Selain itu pisang baik bagi kesehatan sistem imunitas tubuh karena kaya kandungan vitamin B6, C, dan antioksidan. Pisang juga dikenal sebagai sumber karbohidrat yang baik sebelum berolahraga.

Manfaat pisang memang banyak. Karena itu ketimbang membuang pisang yang sudah mulai membusuk, manfaatkan untuk mengolahnya sebagai aneka makanan.

Salah satu makanan dari pisang yang paling terkenal adalah banana bread. Banana bread bahkan dikenal sebagai menu klasik untuk memanfaatkan pisang yang mulai membusuk. Menggunakan pisang yang mulai membusuk justru membuat resep banana bread bisa berkurang jumlah takaran gulanya. Selama ini resep banana bread kerap membutuhkan takaran gula dan mentega yang banyak.

Resep selanjutnya yang bisa dicoba menggunakan pisang yang mulai membusuk adalah pancake. Hanya menggunakan telur dan pisang ternyata pancake pun bisa dimasak.

Jangan khawatir meracik pancake tanpa bantuan resep tepung terigu. Kombinasi telur dan pisang sudah akan menghasilkan pancake yang enak.

Campurkan satu telur dan dua putih telur bersama satu buah pisang ukuran sedang. Sebelumnya lumatkan pisang terlebih dahulu. Kemudian aduk pisang dan telur hingga adonan menyatu.

Panaskan wajan datar menggunakan panas sedang. Tuangkan adonan pisang dan telur. Balik pancake setelah bagian ke bawah mulai berwarna kecokelatan. Resep ini akan menghasilkan kurang lebih tiga hingga empat pancake ukuran sedang. Supaya lebih nikmat, tuangkan madu atau selai kacang ke atas pancake.

 

sumber : body building
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement