Selasa 25 Feb 2014 06:33 WIB

10 Tips Menghindari Bahaya di Pantai (2)

Rep: mutia ramadhani/ Red: Muhammad Hafil
Pantai Tanjung Karang (Objek Wisata Pantai) - Ilustrasi
Foto: Republika/Yasin Habibi
Pantai Tanjung Karang (Objek Wisata Pantai) - Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berada di bawah sinar matahari di pantai atau berenang di laut mungkin sangat menyenangkan. Namun, tak ada yang bisa menghindar jika pantai juga mengandung sejumlah bahaya. ROLers, berikut adalah beberapa tips penting yang bisa membantu Anda menghindari bahaya umum di pantai.

4. Pemanasan sebelum berenang atau menyelam

Sebelum berenang atau menyelam, minimal Anda melakukan semacam gerakan otot di dalam air. Hal ini penting untuk menyesuaikan suhu tubuh Anda, terutama jika Anda berenang di perairan laut yang dingin. Ini juga penting untuk mencegah kram otot, hingga kasus tenggelam. Lakukan pemanasan setidaknya 10 menit pertama. 

5. Gunakan tabir surya

Sinar ultraviolet yang berbahaya bisa saja merayap di tubuh Anda sewaktu Anda beraktivitas di pantai. Pada tingkat pertama, dia akan menyebabkan gatal, kulit Anda bersisik dan terkelupas menyakitkan, hingga luka bakar yang bisa menyebabkan lecet dan demam. Pastikan Anda menggunakan banyak tabir surya dengan kandungan minimal SPF 30. Anda bisa mengulang kembali mengoleskan tabir surya setiap dua jam sekali, terutama sesudah Anda keluar dari air.

6. Tetap tenang

Kepanasan adalah bahaya umum yang dialami pengunjung pantai dan itu pasti merusak hari indah Anda di pantai. Pastikan Anda dan teman-teman Anda berteduh sewaktu beristirahat di pantai atau usai keluar dari air. Tetap jaga hidrasi tubuh Anda dengan banyak minum air atau makan makanan yang berkadar air tinggi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement