Senin 17 Feb 2014 15:17 WIB

Kelly Clarkson Akhirnya Kembalikan Cincin Jane Austen

Kini, cincin yang sebelumnya dibeli Clarkson lewat lelang diserahkan ke museum.
Foto: Dok Jane Austen's House Museum
Kini, cincin yang sebelumnya dibeli Clarkson lewat lelang diserahkan ke museum.

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah cincin milik pengarang ternama Inggris Jane Austen diperlihatkan pada publik untuk pertama kalinya sejak Jumat (14/2). Sebelumnya sebuah kampanye sempat dilakukan untuk melarang penyanyi jebolan American Idol Kelly Clarkson membawanya keluar dari Inggris.

Penyanyi asal Texas itu telah membeli cincin Jane Austen dalam sebuah lelang dengan harga 153 ribu poundsterling di tahun 2012. Menteri Kebudayaan Inggris Ed Vaizey kemudian mengeluarkan larangan membawa cincin tersebut keluar negeri.

Kini cincin emas dengan batu berwarna turquoise itu dipamerkan secara permanen di Jane Austen Museum di Hampshire. Dokumen yang menyertai cincin itu juga mencatat sejarah keberadaan cincin tersebut dalam keluarga Austen.

Clarkson yang dikenal sebagai kolektor barang-barang Jane Austen tampak memiliki replika cincin yang asli. Rencananya Clarkson akan membawanya ke Amerika setelah mengalahkan museum dalam lelang. Tetapi Vaizey menginginkan 'harta karun nasional' diselamatkan demi kepentingan negara.

Cincin tersebut memang benar diselamatkan setelah museum, yang berlokasi di bekas rumah Austen di Chawton, meluncurkan kampanye 'Bring the Ring Home'. Donasi pun mengalir dari seluruh dunia. Termasuk sumbangan tanpa nama sebesar 100 ribu poundsterling.

Clarkson kemudian memberi pernyataan yang mengatakan ia sangat bahagia bahwa kini banyak penggemar Jane Austen bisa melihat cincin di museum. Ia pun menyebut cincin milik Austen sebagai harta karun nasional yang sangat cantik.

Kurator museum menyebut Clarkson baik hati. Ia pun berharap bisa menyambut kedatangan Clarkson di museum suatu saat nanti.

Museum sebelumnya telah memamerkan dua perhiasan lain milik Austen. Salah satunya gelang dengan manik-manik warna turquoise.

Cincin tersebut diwariskan pada saudara perempuan Austen, Cassandra, yang kemudian memberinya ke adik iparnya Eleanor Austen, saat bertunangan dengan Henry Thomas Austen. Henry merupakan saudara laki-laki Jane dan Cassandra. Cincin tersebut tetap berada dalam kepemilikan keluarga sampai pelelangan yang dimenangkan Clarkson.

Austen hidup sebagian besar di Hampshire, Inggris. Ia adalah salah satu pengarang paling terkenal Inggris.

 

sumber : BBC News
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement