Sabtu 15 Feb 2014 19:24 WIB

Ini Makanan yang Bisa Mengeluarkan Racun

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Joko Sadewo
Panen Apel (ilustrasi)
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Panen Apel (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  Detoksifikasi atau mengeluarkan racun dari dalam tubuh penting agar darah kembali bersih dan organ tubuh bisa berfungsi dengan baik. Secara umum, manusia mengonsumsi racun yang mengganggu fungsi organ tubuh.

 

Begitu tingkat racun meningkat, performa organ tubuh menurun. Racun berkumpul karena makanan yang tidak sehat, sembelit, stres, meminum air yang tidak murni, konsumsi tinggi teh, kopi dan alkohol, dan polusi lingkungan.

 

Alergi, imun tubuh rendah, sakit kepala terus-menerus dan mudah lelah adalah gejala umum adanya racun dalam darah dan tubuh. Detoksifikasi membantu darah dan tubuh menghilangkan racun dan meningkatkan fungsi organ, seperti ginjal dan hati yang biasanya terdampak racun.

 

Berikut ini makanan yang bisa membantu membersihkan darah, seperti dilansir dari laman Boldsky.

 

• Bawang putih berfungsi sebagai pembersih darah dan antibiotik alami. Bawang putih mampu mengurangi lemak dalam darah dan mengontrol tekanan darah. Tiga siung bawang putih perhari membantu mengeluarkan racun dari tubuh, meremajakan darah dan membersihkan kulit dari bisul dan jerawat.

 

• Sayuran, seperti kubis, kembang kol, bawang merah dan brokoli bermanfaat sebagai antioksidan yang mengeluarkan racun dari organ tubuh.

 

• Makanan kaya klorofil, seperti sayuran hijau, barley, wortel dan rumput gandum juga sangat baik. Klorofil membuang parasit, jaringan dan kotoran dari dalam darah.

 

• Taburkan lada hitam pada makanan anda. Lada hitam membantu pencernaan dengan menstimulasi sekresi asam hidrokloris.

 

• Minum jus sayur atau buah setiap hari. Jus yang dibuat dari seledri, labu pahit, //white grass// dan parsley bekerja sebagai pembersih organ. Wortel, bit, apel dan air lemon membersihkan usus dan ginjal.

 

• Berpuasa adalah salah satu metode detoksifikasi tradisional sebab tubuh melepaskan material berbahaya.

 

• Buah segar, seperti apel, nanas, pir, kiwi, jeruk, sultana, melon, anggur hitam dan rasberi juga snagat berguna untuk membersihkan darah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement