Rabu 12 Feb 2014 00:36 WIB

Hmm..Wisata Gunung Api, Seperti Apa Yah?

   Sebuah patung diselimuti abu vulkanik Gunung Sinabung di Desa Mardinding, Karo, Sumut, Selasa (4/2).     (Antara/Wahyu Putro)
Sebuah patung diselimuti abu vulkanik Gunung Sinabung di Desa Mardinding, Karo, Sumut, Selasa (4/2). (Antara/Wahyu Putro)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ukus Kuswara menilai pembangunan sektor pariwisata di wilayah gunung berapi memiliki masa depan cerah.

"Indonesia memiliki banyak gunung berapi, yang merupakan sumber energi untuk tumbuhnya kreativitas, budaya, sosial dan ekonomi," kata Ukus Kuswara dalam diskusi bertema "Kondisi Gunung Api di Indonesia Saat Ini", di Jakarta, Selasa (11/2).

Ia mengatakan bahwa sudah saatnya sebutan "ring of fire" diubah menjadi "ring of energy" karena gunung api kini hendaknya dapat juga dimanfaat untuk sektor pariwisata, selain dimanfaatkan untuk tanahnya yang subur dan kekayaan mineralnya.

Menurut dia, konsep wisata gunung berapi dengan pengelolaan yang tepat di kemudian hari tentunya dapat mendongkrak kehidupan masyarakat sekitar. Untuk mendukung wisata gunung berapi, ia menggarisbawahi perlunya sebuah pusat informasi dan dokumentasi gunung berapi terkait sebelum mengembangkan wisata gunung berapi mengingat tanpa informasi yang tepat publik justru akan takut melakukan wisata gunung berapi.

Ia mengatakan, sebuah informasi yang jelas dan pemandu wisata yang memiliki sertifikasi khusus akan membuat konsep wisata yang ditawarkan berkualitas dan dapat dijamin keamanannya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement