Selasa 11 Feb 2014 12:00 WIB

Smoothies Sehat dari Biji Chia

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Indira Rezkisari
Konsumsi biji chia membantu meningkatkan energi, menstabilkan kadar gula darah, dan menekan level kolesterol.
Foto: drinknutmilk.com
Konsumsi biji chia membantu meningkatkan energi, menstabilkan kadar gula darah, dan menekan level kolesterol.

REPUBLIKA.CO.ID, Bahan makanan yang satu ini tergolong sedang naik daun di kalangan penggemar kuliner sehat. Biji chia atau chia seeds pun banyak diburu dan dicampurkan bersama bahan pangan lain untuk menambah stamina tubuh.

Dalam acara yang digelar Buavita beberapa waktu lalu, chef Edwin Lau membagi resep minuman smoothies yang diracik menggunakan biji chia. Cara membuatnya juga cukup mudah. Cukup campurkan bahan-bahan dalam blender. Lalu proses hingga halus.

Biji chia terkenal sebagai sumber lemak omega 3 yang baik. Chia juga mengandung serat. Studi menyatakan konsumsi biji chia dalam diet keseharian membantu meningkatkan energi, menstabilkan kadar gula darah, dan menekan level kolesterol. Biji chia berasal dari tumbuh berbunga dalam keluarga daun mint yang berasal dari Meksiko dan Guatemala.

Dalam resepnya smoothies ini diantaranya menggunakan stroberi, jeruk, dan madu. Untuk penggunaan buah-buahan, Edwin menyarankan membeli buah organik. Terutama stroberi, sebab stroberi merupakan buah keempat terbanyak mengandung pestisida.

Kemudian untuk penggunaan madu, lebih baik dipilih yang berwarna cokelat. “Semakin cokelat, maka semakin baik. Madu yang berwarna jernih berarti sudah terlalu banyak diproses dan hanya menyisakan air gula saja,” kata dia.

Untuk membuat smoothies campur jus jeruk, susu kedelai, stroberi, madu, ekstrak vanila, tahu lembut, pisang, dan gula. Pilih tahu yang dikenal dengan sebutan tahu jepang dengan tekstur lembut dan mudah hancur.

Sebagai tambahan, gunakan dua sendok makan biji chia, jus dari aneka buah berry yang dipanaskan namun jangan sampai mendidih, dan gula secukupnya.

Pertama, masukkan semua bahan smoothies dalam blender hingga halus. Untuk biji chia, panaskan jus berry di panci kecil dan tambahkan gula secukupnya. Di mangkuk tahan panas taruh biji chia, lalu tuang larutan jus berry yang masih panas. Aduk sebentar, biarkan dingin dalam kulkas sambil aduk sesekali hingga teksturnya seperti jeli.

Kemudian smoothies dalam gelas saji. Hias dengan jeli dari biji chia dan beri irisan buah segar di atasnya. Segar dan menyehatkan, ya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement