Kamis 16 Jan 2014 14:10 WIB

Berkelana di Kota Tua Muscat: Masjid Agung (3)

Warga Oman keluar dari Sultan Qaboos Grand Mosque usai melaksanakan salat Jumat
Foto: AP Photo
Warga Oman keluar dari Sultan Qaboos Grand Mosque usai melaksanakan salat Jumat

REPUBLIKA.CO.ID, -- Setelah puas berkeliling dan mendapat pengetahuan umum terkait kebudayaan Oman, saya bergegas ke salah satu bangunan penting yang ada di Oman. Sebagai negara dengan penduduk mayoritas Muslim, Oman memiliki salah satu masjid agung yang katanya masuk jajaran masjid terbesar di dunia.

Masjid ini dikenal dengan nama Sultan Qaboos Grand Mosque. Suasana dalam masjid begitu menyejukkan mata dan hati. Kebun penuh bunga berwarna-warni serta kicau burung mengantar pengunjung melihat bangunan masjid yang memiliki lima menara. Sesekali tampak pula air mancur dengan suara air yang mengalir di kolam di sepanjang taman masjid.

Masjid agung dibuka pada 2001 dan memiliki karpet terlebar kedua di dunia. Bila warna cokelat muda dan marun mendominasi bagian luar masjid, bagian dalamnya penuh dengan warna hijau.

Sejurus mimbar dan mihrab yang berada di tengah ruang ibadah menjadi pusat perhatian dengan bentuknya yang indah. Belum lagi tambahan lampu-lampu kristalnya. Turis, terutama dari negara Barat, kelihatan tak bisa menutupi rasa kagumnya dengan berulang kali mengambil foto di setiap sudut bangunan masjid.

Siapa pun boleh masuk ke masjid ini. Tapi, turis yang hendak masuk ke dalam halaman atau bagian dalam masjid harus menggunakan penutup kepala. Pintu masuk masjid baru akan ditutup jika masuk waktu shalat dan pada hari Jumat.

Apa yang disuguhkan pada bangunan dan taman yang terdapat di kawasan masjid memberikan makna tersendiri bagi saya. Di satu sisi, Pemerintah Oman tampaknya cukup berhasil memperkenalkan Islam sebagai agama yang damai, mencintai keindahan, dan ketenangan. Islam lewat masjid itu juga dikesankan membawa kesejukan bagi setiap insan yang hendak beribadah atau dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh: M Sutan Aziz Nasution, Traveler, Tinggal Di Medan

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement