Kamis 09 Jan 2014 16:30 WIB

Mewujudkan Indonesia Sebagai Surganya Para Penyelam

Seorang pengunjung sedang melihat foto-foto para pemenang di ajang Indonesia World Underwater Photo Contest 2013
Foto: ist
Seorang pengunjung sedang melihat foto-foto para pemenang di ajang Indonesia World Underwater Photo Contest 2013

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki beragam biota dan taman bawah laut yang indah. Ini menunjukkan Indonesia memiliki potensi tinggi sebagai tempat menyelam.

Melihat potensi ini, pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan menjadikan Indonesia sebagai referensi tempat menyelam di dunia. Salah satunya dengan menargetkan Indonesia menjadi "Divers Heaven One Nation 2020".

"Indonesia itu surganya para diver, kita punya laut yang indah. Itu diakui banyak kelompok penyelam dari dalam dan luar negeri," ungkap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu di acara pengumuman pemenang Indonesia World Underwater Photo Contest (IWUPC) di Grand Indonesia, Kamis (9/1) siang.

Demi mewujudkan hal itu, pemerintah terus mempersiapkan berbagai fasilitas pendukung, mulai dari infrastruktur, pendataan dan pengembangan spot (tempat menyelam) juga paket-paket yang bisa dipilih para wisatawan.

Selain itu, tidak kalah penting adalah mempromosikan lebih dari 700 spot (tempat menyelam) yang dimiliki Indonesia. Salah satu cara yang dilakukan pemerintah adalah dengan menggelar Indonesia World Underwater Photo Contest (IWUPC) 2013.

"Fotografi adalah salah satu cara terbaik untuk memamerkan keunggulan pariwisata kita. Itu juga salah satu tujuan kontes fotografi ini," ujar Mari Elka.

Melalui kontes ini masyarakat luas diharapkan dapat melihat lokasi-lokasi menyelam yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Kontes ini digelar selama 11 bulan, mulai dari bulan Januari hingga Desember 2013 dengan lokasi pengambilan foto di seluruh perairan bawah laut Indonesia. Kompetisi ini melibatkan tujuh juri internasional ternama yakni Alex Mustard (Inggris), Stephen Wong (Hong Kong), Matt Weiss (USA), Burt Jones (USA), David Espinosa (USA), Yoshi Hirata (Jepang), dan Keri Wilk (Kanada).

Tercatat, kontes ini diikuti 403 peserta dengan jumlah foto 2.625. Tim juri kemudian menyaring dan mendapatkan sebanyak 186 foto ditetapkan sebagai nominasi dan finalnya, sebanyak 27 foto ditetapkan sebagai pemenang dalam berbagai kategori yang terdiri dari 18 peserta internasional dan 9 peserta Indonesia.

Seluruh foto pemenang akan dipamerkan di Moulin Rouge Hall, Grand Indonesia lantai 5. Pameran dibuka mulai hari ini hingga Ahad (12/1).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement