Sabtu 04 Jan 2014 22:59 WIB

Kepiting Orangutan di Bawah Laut Wakatobi

Salah seorang penyelam menikmati keindahan bawah laut Wakatobi (ilustrasi)
Foto: sulawesitourguide.com
Salah seorang penyelam menikmati keindahan bawah laut Wakatobi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- "Tik... tik... tik... tik...", suara tongkat besi memukul tangki oksigen yang dilakukan oleh Jardin, salah seorang pemandu selam, memanggil para penyelam untuk mendekat dan menunjukkan temuannya. Setelah ditunjukkan tampak udang dari kaki hingga seluruh badannya berbulu berwarna oranye kecoklatan sedang nangkring di atas tumpukan soft coral seperti telur berwarna putih.

Secara bergantian para penyelam mengambil foto dan melihatnya dengan penuh tanda tanya karena baru melihat binatang tersebut. "Itu namanya kepiting orangutan karena semua badannya berbulu. Di Wakatobi banyak ditemukan kepiting orangutan (Orangutan Crab)," kata Jardin, pemandu selam di Patuno Dive Center, di Wakatobi, Rabu (1/1) lalu setelah ditanyakan dan ditunjukkan fotonya oleh para penyelam.

Sudah tentu hal itu membuat gembira para penyelam, sebagian besar mereka belum pernah melihat kepiting orangutan di darat. Apalagi bentuknya kecil dan lucu karena berbulu.

Setelah menunjukkan Kepiting Orangutan, Jardin meneruskan penjelajahannya menengok kanan kiri, melihat-lihat di balik coral (karang) untuk menemukan kehidupan bawah laut yang menarik perhatian para penyelam. Para penyelam pun melanjutkan penyelamannya mengikuti sang pemandu sambil menikmati keindahan panorama bawah laut Wakatobi.

"Tik... tik...," Jardin memanggil lagi para penyelam sambil menunjukkan penyu besar sedang berenang ditempel ikan. Penyu banyak ditemukan di spot penyelaman "Turtle Transporter".

"Tik...tik...tik? Jardin memanggil lagi sambil menunjukan Kelinci Laut (Nudibranch) berwarnah merah berbintik-bintik putih. Satu per satu para penyelam mengambil foto atau sekedar melihat binatang yang tidak pernah dilihat di daratan.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement