Senin 30 Dec 2013 17:02 WIB

Malam Tahun Baru, Lalin ke Kaliurang Diberlakukan Buka-Tutup

Rep: Nur Aini/ Red: Hazliansyah

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informasi (Dishubkominfo) Kabupaten Sleman memberlakukan sistem buka-tutup jalan arus lalu lintas ke kawasan Kaliurang, pada malam pergantian tahun baru. Penutupan jalan akan dilakukan jika arus lalin menuju Kaliurang dinilai padat.

Saat arus lalin padat, jalan Kaliurang di simpang tiga Kentungan (Jalan Gondangraya) akan ditutup untuk arus dari selatan. Jelang pintu gerbang tiket masuk kawasan Kaliurang, jalan juga akan ditutup saat arus lalin padat. Lalu lintas dari pintu gerbang Kaliurang akan dibelokkan ke kanan untuk memecah arus kepadatan.

"Pengaturan secara khusus tidak kami persiapkan, tapi kami berlakukan buka tutup yang sifatnya situasional saat arus ke Kaliurang padat," ungkap Kepala Bidang Lalu Lintas Dishubkominfo Sleman, Sulton Fatoni ditemui di kantornya, Senin (30/12).

Arus lalin menuju ke sejumlah lokasi juga akan dialihkan. Salah satunya, arus di sekitar jalan layang Janti. Arus lalin yang menuju Ambarukma Plaza dari timur (dari Solo) akan dipecah ke selatan.

 

"Kita akan pasang petunjuk jalur alternatif," ujar Sulton. Angkutan dan lalu lintas kendaraan untuk tahun baru akan dimonitor hingga 3 Januari 2014.

Kepala Seksi Lalu Lintas Dishubkominfo, Maryanto, mengatakan, arus lalin ke Terminal Jombor akan tersendat lantaran pembangunan jalan layang Jombor. Bus atau angkutan umum yang masuk Terminal Jombor akan kesulitan menuju Terminal Giwanang karena jalan ditutup.

"Kami kesulitan atur di dalam terminal untuk bus karena jalan dari utara ke selatan tertutup," ungkapnya.

Arus kendaraan dari dan ke Magelang juga akan tersendat di sekitar jalan layang Jombor. Hal ini karena jalan sisi timur dan barat jalan layang mengalami penyempitan. Jalan tersebut juga rusak dan bergelombang.

Kepala Dishubkominfo Sleman, Agus Susilo Endiarto menambahkan, masyarakat yang akan merayakan malam pergantian tahun diharapkan tidak berjejal masuk ke Kota Yogyakarta dan wilayah Kaliurang. Menurutnya, daya dukung jalan kawasan Kaliurang tidak mencukupi untuk kerumunan.

"Selama puluhan tahun, lalin menuju Kaliurang saat malam tahun baru macet karena jalan sempit," ungkapnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement