Selasa 17 Dec 2013 13:04 WIB

Tips Mengurangi Efek 'Mencemaskan' Deep Fried

Deep Fried, menggoreng dengan banyak minyak (Ilustrasi)
Deep Fried, menggoreng dengan banyak minyak (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Suatu Saat anda mungkin harus menggoreng makanan dengan merendam ke dalam minyak, seperti pisang goreng atau ayam goreng. Istilah ini sering disebut deep fried.

Memang banyak pakar kesehatan tidak menganjarkan, hanya saja Anda masih bisa menyiasati dengan beberapa tips agar membuat deep fried tak terlalu mengkhawatirkan. Lagi pula tidak setiap hari Anda menggoreng dengan minyak banyak bukan?

Minyak panas mesti mencapai suhu yang tepat untuk membuat bagian luar kecokelatan dengan cepat pada saat yang sama mematangkan makanan. Suhu yang pas selalu antara 176 derajat Celsius dan 190 derajat Celsius. Pastikan suhu tersebut dengan menggunakan termometer khusus penggorengan.

Gunakan minyak yang memiliki lemah tersaturasi rendah dan memiliki titik didih tinggi, juga tidak mengubah rasa makanan yang anda goreng.

Hindari menggoreng terlalu banyak hingga mengumpul, apalagi tipe makanan berlemak. Makanan harus dikelilingi oleh minyak mendidih dan Anda harus menjaga temperatur agar turun terlalu jauh.

Bila Anda menambah terlalu banyak makanan untuk digoreng sementara jumlah minyak sedikit, suhu akan turun dan minyak akan lebih terserap karena suhu rendah, makanan pun menjadi berminyak dan basah, tidak kering apalagi krispy. Inilah yang membuat makanan menjadi tidak sehat.

Jangan pernah tuangkan minyak lebih dari separuh volume penggorengan. Tujuannya agar tidak memercik dan menciprat keluar ketika makanan ditambahkan

Keringkan makanan dengan kertas tisu atau kertas minyak sebelum memasukkan ke penggorengan. Cara ini bisa mengurangi percikan minyak saat menggoreng.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement