Selasa 22 Oct 2013 17:58 WIB

Makanan Beku Tidak Baik? Tepis Mitosnya

Rep: mgrol21/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Potongan ikan dan udang, jenis kerap dikemas sebagai makanan beku di supermarket (ilustrasi)
Foto: iffco.com
Potongan ikan dan udang, jenis kerap dikemas sebagai makanan beku di supermarket (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Saat sedang mencari santapan yang mudah didapat dan dimakan di rumah sekaligus enak, sebagian besar orang kini mungkin langsung menuju lemari es dan mengambil stok makanan beku.

Sebagian orang melihatnya sebagai suatu kemudahan, meski belum semua setuju dengan persediaan makanan beku. Hanya saja sedikit orang  yang tahu bahwa beberapa makanan terbaik di supermarket justru dapat ditemukan di balik penutup kaca geser.

Mengapa demikian? Ini terkait mitos yang paling umum seputar makanan beku, dan ternyata faktanya, seperti yang dilansir culinary.net, jauh dari anggapan yang ada selama ini.

• Semua makanan beku mengandung bahan pengawet. Ini adalah kesalah pahaman yang umum. Menambahkan pengawet tidak diperlukan untuk makanan beku. Justru proses pembekuan itulah yang digunakan sebagai  pengawet alami. Faktanya, banyak makanan beku dijual tanpa bahan pengawet,

• Sayuran segar lebih baik daripada sayuran beku. Sayuran di pasar tradisional mungkin terlihat segar bagi Anda, padahal banyak dari  sayuran itu yang diambil berhari-hari, berminggu-minggu,sebelumnya.

Sementara dengan pembekuan, sayuran dapat mempertahankan kualitas dan rasanya. Juga, karena sayuran beku lebih tahan lama, Anda dapat menghemat uang belanja.

• Makanan beku tidak menggunakan bahan-bahan alami yang sebenarnya.

 Anda mungkin akan terkejut jika mengetahui bahwa banyak makanan beku menggunakan bahan-bahan berkualitas tertinggi dan Anda dapat membuatnya sendiri jika memiliki waktu, seperti keju atau pasta. Periksa kemasan makaroni dan keju favorit Anda dan temukan lebel ini “100% real cheese”. Jika terdapat lebel seperti itu maka memang itulah yang dimaksud.

• Pembekuan dapat mempertahankan makanan selamanya. Membekukan makanan mungkin akan membuat makanan bertahan lama, namun semua  makanan akan kehilangan rasa dan kesegaran dari waktu ke waktu. Jadi tidak mungkin ada makanan tahan selamannya meski dibekukan. Banyak dari makanan beku favorit Anda yang sudah dilengkapi tanggal kedaluwarsa untuk memastikan bahwa  Anda dapat mengonsumsinya dengan kualitas tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement