Jumat 20 Sep 2013 08:17 WIB

Memasak Tanpa Api, Kenapa Tidak?

Dhani R Satyadharma saat peluncuran buku Memasak tanpa Api
Foto: Honesty Rasyid
Dhani R Satyadharma saat peluncuran buku Memasak tanpa Api

REPUBLIKA.CO.ID, oleh: Honesty Rasyid

Ibu, tak perlu cemas akan bahaya apabila si kecil tertarik terjun ke dunia dapur. Kegiatan masak memasak bisa dilakukan dengan cara yang aman bahkan tanpa mengunakan api. Menarik bukan .

Nah, orang tua tidak bisa menentukan usia berapa anak-anak siap melakukan aktivitas di dapur. Kegiatan masak-memasak di rumah sebenarnya sudah dapat dimulai sejak dini. Jika anak sudah menunjukkan ketertarikannya di dunia masak memasak, tak ada salahnya kita melibatkan mereka. Dimulai dari kegiatan yang paling gampang dan sederhana, yakni bersama-sama menyiapkan makanan.

Ide ini muncul di pikiran Dhani R Satyadharma, penulis buku Cooking is Fun; Memasak Tanpa Api. Dhani ingin mengenalkan bahwa kegiatan memasak itu mudah dan menyenangkan bagi anak-anak, remaja bahkan orang dewasa sekalipun. Mereka bebas berkreasi, menciptakan menu yang sesuai dengan selera. Pastinya makanan yang dibuat sendiri lebih terjamin kebersihannya, bergizi dan hemat.

Menurut Dhani, bagi pemula yang ingin memasak, bisa memanfaatkan bahan yang sudah ada di rumah. Kemudian mengolah dan mengkreasikannya merupakan sesuatu yang luar biasa. Silakan buka lemari pendingin dan gunakan bahan-bahan yang ada seperti keju, susu, coklat, kismis, almond, buah-buahan, roti, sereal dan banyak lagi.  

Lebih seru lagi, ada beberapa resep dalam buku ini yang proses pembuatan sama sekali  tanpa menggunakan api. Namun, yang perlu diingat dan menjadi perhatian bagi koki cilik adalah saat menggunakan beberapa alat  dapur seperti pisau dapur, blender, dan parutan harus berhati-hati.

Didalam buku ini ada 30 resep menarik  yang bisa di praktikkan si buah hati dirumah. Dan resep paling favorite dalam buku ini adalah Pisang Karamel. Makanan ini sangat disukai anak-anak karena manis, dengan campuran rasa coklat dan susu. Ingin tau cara membuatnya, ini dia resepnya :

PISANG KARAMEL

bahan :

2 buah pisang raja

500 ml es krim rasa vanila

50 gram almond iris

cincang kasar kismis secukupnya

sirup karamel secukupnya ( atau sirop coklat, pilih yang disuka )

Cara Membuatnya :

1. Kupas pisang, buang serat yang menempel pada pisang, belah dua memanjang, sisihkan.

2. Letakkan pisang diatas piring saji,

3. Berikan satu skup es krim vanila

4. Taburi almond dan kismis, tambahkan sirup sebagai topping

5. Sajikan segera

Gampang sekali bukan, silakan mencoba resep-resep lain.  Didalam buku ini komplit dijelaskan bahan, cara membuat serta foto menu yang sudah jadi, sehingga anak-anak bersemangat mempraktekkanya.

Happy Cooking ..

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement