Ahad 08 Sep 2013 22:43 WIB

Wisata Danau Toba Bakal Saingi Bali?

Danau Toba
Foto: Republika/Subroto
Danau Toba

REPUBLIKA.CO.ID, SAMOSIR -- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Hatta Rajasa menegaskan bahwa obyek wisata Danau Toba, Sumatra Utara (Sumut) berpotensi menyaingi ketenaran Bali dalam bidang kepariwisataan.

"Namun, harus ada penambahan pendukungnya agar Toba mampu bersaing dengan Bali. Paling tidak, ada empat hal yang harus ditingkatkan demi mendukung pariwisata Danau Toba," kata Hatta usai membuka Festival Danau Toba 2013 di Open Stage, Samosir, Ahad (8/9).

Menurut dia, empat hal yang harus adalah peningkatan infrastruktur demi memaksimalkan pariwasata Danau Toba. Setelah itu meningkatkan sistem transportasi terutama penerbangan melalui Badara Silangit di Kabupaten Toba Samosir.

"Saat ini harus dijadwalkan secara reguler. Untuk merealisasikan ini harus ada sinergi antara pusat dan daerah," katanya menambahkan.

Kemudian melakukan perbaikan sarana dan prasarana yang sudah ada. Dan yang terakhir adalah mengembangkan industri kreatif karena setiap wisawan baik manca negara maupun domistik akan mencari souvenir khas dari Danau Toba.

"Toba dengan kekuatan budayanya akan mendukung ekonomi kreatif," ujar Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Selain empat hal yang telah disebutkan, Hatta menambahkan pengembangan kawasan wisata Danau Toba ini diharapkan tidak sampai merusak lingkungan yang ada. Hal ini dilakukan agar tetap menjaga kelestarian salah satu danau terbesar di Indonesia ini.

Festival Danau Toba 2013 yang dibuka oleh Menko Perekonomian Hatta Rajasa ini merupakan perpaduan antara budaya dan olahraga. Ada beberapa kegiatan yang dilakukan diantaranya festival Sigale-gale, Wolrd Drum Festival, permainan tradisional Marumpasa, paralayan tandem, renang mengelilingi danau dan lomba Solu Bolon.

Kegiatan yang didukung penuh oleh Kementerian Pariwisatan dan Ekonomi Kreatif yang akan berakhir 14 September ini membutuhkan anggaran yang cukup besar dan dana yang butuhkan merupakan gabungan antara pusat dan daerah serta sponsor.

"Dari pusat Rp 2 miliar, dari pemerintah daerah Rp 1,5 miliar. Selain itu dana didapat dari sponsor. Yang jelas dana yang digunakan kurang dari Rp10 miliar," kata Wamenparekraf Sapta Nirwandar.

Pembukaan Festival Danau Toba 2013 selain dihadiri oleh Menko Perekonomian Hatta Rajasa dan Wamenparekraf Sapta Nirwandar juga dihadiri Gubernur Sumatra Utara Gatot Pujo Nugroho serta Bupati Samosir, Mangindar Simbolon

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement