Kamis 01 Aug 2013 16:10 WIB

10 Tips Hadapi Musim Panas di Jepang (3)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
Tips menikmati musim panas di Jepang, Tatami merupakan pakaian tradisional musim panas di Jepang
Foto: Wikimedia Common
Tips menikmati musim panas di Jepang, Tatami merupakan pakaian tradisional musim panas di Jepang

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- ROLers, anda harus hati-hati, jangan sampai meleleh seperti tokoh-tokoh di komik apabila berkunjung ke Negeri Samurai pada saat musim panas menjelang.

Apakah anda berencana untuk datang ke Jepang saat ini untuk mengunjungi teman, saudara, atau benar-benar ingin berjalan-jalan?

Setidaknya anda perlu 10 tips berikut supaya tetap bisa bertahan dan menikmati jadwal anda sebagaimana mestinya, dilansir dari RocketNews24, Kamis (1/8).

5. Kenakan tatami

Tatami adalah pakaian tradisional Jepang yang biasanya digunakan setelah anda mandi di malam hari, atau sebelum anda tidur. Pulanglah, ganti baju anda, makan malam, kemudian kenakan tatami sambil menikmati malam indah anda di musim panas.

Bahan tatami ini hanya akan mengisap keringat berlebih tubuh anda. Jadi, anda sebaiknya tidak mengenakan pakaian dalam ketika mengenakan tatami sebelum tidur.

Sepintas tatami mungkin tidak terlihat begitu sylish, namun jika anda ingin tinggal di rumah untuk sementara waktu, maka tak ada salahnya memakainya. Bahkan, memakai tatami jauh lebih baik dibandingkan anda mengenakan jinbei, jaket musim panas tradisional Jepang yang biasanya terbuat dari rami.

6. Keluar dari rumah

Mengapa anda hanya duduk di rumah dengan AC terpasang di sekitar anda dan menyebabkan anda harus membayar ekstra tagihan listrik? Sebaiknya anda keluar rumah di musim panas ini.

Anda bisa menjadi lebih populer disetiap tahun. Anda harus terbiasa berbagi hangat dimusim panas dan berbagi dingin dimusim dingin.

Inilah kemudian yang menjadikan sebagian besar masyarakat membudayakan kumpul-kumpul pada saat musim panas juga musim dingin. Biasanya di daerah-daerah komunal, seperti perpustakaan umum, panti sosial, kafe, bahkan museum sering menawarkan diskon untuk masuk selama musim panas dan musim dingin setiap tahunnya.

Ini bisa menghemat uang dan biaya anda. Ini juga memberi kesempatan anda untuk bertemu orang luar lebih banyak, ketimbang menikmati hembusan AC yang jika terus menerus bisa menyebabkan anda sakit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement