Sabtu 27 Jul 2013 10:58 WIB

Trik Aman dan Nyaman Snorkeling

Snorkeling (ilustrasi)
Snorkeling (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Biar makin asyik, ada tips yang bikin kita makin seru ber-snorkeling.

* Pilihlah lokasi terumbu karang yang paling oke. Dengan begitu, saat nyemplung ke dalam air, kita sudah bisa langsung menyaksikan panorama dasar laut yang menakjubkan. 

* Jangan nekad menyelam ke dasar. 

Ingat, pipa pengisap udara harus tetap berada di luar air. Kalau ikut nyebur, pasti air laut bakal ikut masuk ke dalam pipa snorkel.

* Pasangkan snorkel pas di mulut. 

Ini agar kamu nyaman saat menghirup udara di dalam air. Pertama, masukkan liang pengisap snorkel tepat menempel di barisan gigi depan, lalu gigit. Di sisi kanan kiri ujung liang pengisap memang ada bantalan kecil. Fungsinya untuk digigit, agar snorkel menjadi kokoh terpancang di mulut. 

* Biasakan mendengar suara menderu saat menyelam di dalam air. 

Suara itu tak lain deru napas kamu sendiri yang terdengar jauh lebih bergemuruh saat di dalam air. Suara itu kadang terdengar cukup 'menakutkan', bahkan menganggu konsentrasi saat menikmati pemandangan dasar laut ini. Tapi itu harus dibiasakan. 

* Hati-hati.

Jangan pernah ber-snorkeling sendirian atau ketika sedang ombak besar. Biar lebih aman, pilih kawasan yang ada penjaga pantainya.

* Hormati biota laut.

Terumbu karang juga binatang. Meski terlihat seperti bebatuan dan tumbuhan, mereka ternyata termasuk binatang hidup. Mereka terdiri atas ribuan organisme kecil yang berusaha membangun tempat tinggal. Dengan hanya menyentuh, kamu berarti menghancurkan mereka. Jangan juga berdiri di atas karang-karang itu karena mereka begitu rapuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement