Kamis 20 Jun 2013 13:53 WIB

Tengok Festival Kuliner dan Budaya Betawi ala Kota 'Durian' di Cinnamon

Red:
Love Indonesia
Love Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta yang banyak dikenal sebagai kota 'durian' menawarkan citarasa kuliner yang eksotis dari setiap makanan tradisonalnya, terutama khas Betawi yang banyak pengaruh dari luar negeri. Makanan tradisional, budaya, dan atmosfer khas Betawi ini akan semakin kental terasar seiring dengan perayaan ulang tahun kota Jakarta tahun ini yang ke-486.
 
Dalam momen spesial ini, Cinnamon yang berada di Mandarin Oriental Jakarta ikut memeriahkan ulang tahun Jakarta dengan menghadirkan sederet menu khas Betawi yang lezat dan layak untuk dicoba. Apalagi bagi Anda yang ingin kembali bernostalgia dengan suasana tempo dulu mulai tanggal 17 sampai 22 Juni 2013.
 
Berkembang dari pengaruh budaya Portugis, Belanda, Cina, dan Arab, masakan Betawi dikenal dengan kombinasi citarasa yang kuat dari terdiri dari perpaduan bahan masakan yang berbeda. Cicipi tidak hanya satu atau dua, melainkan banyak sekali hidangan khas Betawi lezat menggugah selera yang lezat berupa hidangan buffet untuk makan siang dan makan malam.
 
Anda bisa memulainya dengan pembuka kaya akan sayur atau aneka buah seperti Gado-Gado, Asinan, Tahu Gejrot, Tahu Telor, Rujak Penganten, Rujak Juhi, maupun Asinan Buah. Aneka pepes juga tersaji komplet dari Pepes Tahu, Pepes Oncom, Pepes Ayam, Pepes Ikan Mas, atau Pepes Ayam yang juga mempunyai aroma yang menggoda. Kerak Telor dan Sate Ayam maupun Sate Sapi tersaji dengan gerobak di bagian teras untuk menambah suasana khas Betawi agar semakin kental.
 
Hidangan utama seperti Soto Betawi, Gabus Pucung, Opor Ayam, Sayur Bebanci, Sambal Goreng Ati, Pindang Tangkar, Sayur Asem, dan masih banyak lagi dapat disantap dengan berbagai jenis nasi, mulai dari Nasi Uduk, Nasi Kuning, maupun Nasi Ungu yang terbuat dari ubi. Untuk camilan, pilihan gorengan seperti Martabak, Pastel, atau beragam kerupuk di sudut Cinnamon pun dapat dicoba.
 
Tak ketinggalan, Anda dapat menyantap hidangan penutup usai makan dengan Kue Pancong, Kue Rangi, Kue Putu atau minuman/es yang bisa mengembalikan kesegaran mulut Anda dengan Es Doger, Es Cincau, Es Cendol, dan Es Campur.
 
Bukan hanya menikmati kuliner Betawi, Anda juga dapat melengkapi pengalaman kuliner Betawi ini dengan hadirnya berbagai seni budaya Betawi mulai dari pertunjukan musik tradisional Gambang Kromong, busana Encim dan Sadariah yang dikenakan oleh para staff, hingga dekorasi yang memberikan suasana perayaan kampung Betawi. Tertarik? Anda cukup merogoh kocek Rp264.000nett per orang.

sumber : http://directory.loveindonesia.com/en/update/detail/1679/festival-kuliner-dan-budaya-khas-betawi-untuk-dirgahayu-kota-durian-di-cinnamon
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement