Ahad 09 Jun 2013 17:28 WIB

Single terbaru AKB48 Jadi Grup Idola Wanita Terlaris

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Djibril Muhammad
AKB48
Foto: Tokyohive
AKB48

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Grup idola populer Jepang, AKB48 baru saja menelurkan single ke-31 berjudul 'Sayonara Crawl' pada 22 Mei 2013. Single terbarunya ini terjual 109 ribu kopi di minggu kedua, dan jumlah penjualan kumulatif untuk single mencapai 1,872 juta kopi.

Dilansir dari Tokyohive, Ahad (9/6), single grup yang populer dengan lagu 'Heavy Rotation' ini telah melampaui rekor terbaik dari album grup diola wanita yang pernah ada di Jepang terdahulu.

Single 'Sayonara Crawl' berhasil mengalahkan rekor yang pernah dipegang grup idola wanita 'Speed' yang unggul selama 15 tahun terakhir dengan single berjudul 'White Love' dan dirilis pada Oktober 1997. Single 'White Love' ini menjadi soundtrack dorama berjudul sama yang populer pada tahun yang sama.

Sampai saat ini, AKB48 sudah memiliki prestasi yang pesaingnya adalah lagu-lagu mereka sendiri. Misalnya single ke-26 'Manatsu no Sounds Good!' yang terjual 1,822 juta kopi secara kumulatif.

'Sayonara Crawl' juga meraih penjualan terbaik untuk single terbaru dipekan pertama rilisnya dengan penjualan 1,763 kopi. Ini juga mencetak rekor kedua untuk level grup idola wanita dan laki-laki.

AKB48 telah menyapu enam kategori single untuk grup idola wanita. Di antaranya total number of chart topping singles, the number of consecutive chart topping singles, total number of million-selling singles, the number of consecutive million-selling singles, total sales number for all singles, sales number for the first week, dan the cumulative sales for a single. Selamat, AKB!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement