Rabu 24 Apr 2013 10:37 WIB

10 Musisi Jazz Terbaik Menurut Jamie Cullum (2-Habis)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Mansyur Faqih
Miles Davis
Foto: Reuters
Miles Davis

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Menurut Wynton Marsalis, jazz adalah musik yang swinging. Menurut Pat Metheny, jazz bukanlah musik Kenny G. Sedangkan di sekolah dulu kita diajarkan jazz adalah musik yang berciri khas improvisasi dan sinkronisasi.

Sementara bagi Jamie Cullum, musik jazz benar-benar luar biasa sebab mampu membawa suasana dari tradisional hingga spiritual. Penyanyi pop, jazz pop, juga penulis lagu asal Inggris ini mencoba memaparkan 10 musisi jazz terbaik di dunia, dilansir dari the Guardian, Rabu (24/4). 

6. Miles Davis (1926-1991)

Davis terkenal di akhir 1960-an pada waktu era the Bitches Brew. Davis mampu menggabungkan jazz dengan lirik-lirik sastranya yang eksotis.

7. Keith Jarrett (1945)

Jarrett pernah bermain bersama Miles Davis di era 1970-an dan begitu memesona. Dia memiliki teknik jazz paling fenomenal dengan tingkat improvisasi tinggi, terutama ketika bergabung dengan alat musik piano. Dia seolah-olah bisa membakar piano itu jika dia mau. Jarrett menyentuh hati pendengar dalam caranya memerintahkan seluruh penonton dalam setiap penampilannya. Itu membuat penonton seolah-olah masuk ke dunianya.

8. Kurt Elling (1967)

Elling paling ahli melakukan vocalese, seni pertunjukan kata-kata dan lebih dari sekadar solo jazz. Vocalese-nya terkesan begitu mudah dan sangat lembut, seperti suara saksofon. Elling relatif tidak dikenal di luar dunia jazz, tapi dia dihormati sebagai penyanyi di kalangan musisi dunia. Mereka memandangnya sebagai otoritas akademis yang memiliki intelektual jazz yang tinggi.

9. Thelonious Monk (1917-1982)

Cara terbaik untuk menggambarkan Monk adalah jika karya Picaso bisa ditransformasi menjadi sebuah musik, maka itu akan terdengar seperti Monk. 

10. Wynton Marsalis (1961)

Marsalis selalu berpuisi dalam jazznya. Dia pernah tampil empat malam berturut-turut tanpa melunturkan energinya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement