Rabu 24 Apr 2013 09:58 WIB

10 Musisi Jazz Terbaik Menurut Jamie Cullum (1)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Mansyur Faqih
Charles Mingus
Foto: Crooksandliars
Charles Mingus

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Menurut Wynton Marsalis, jazz adalah musik yang swinging. Menurut Pat Metheny, jazz bukanlah musik Kenny G. Sedangkan di sekolah dulu kita diajarkan jazz adalah musik yang berciri khas improvisasi dan sinkronisasi.

Sedangkan bagi Jamie Cullum, musik jazz benar-benar luar biasa sebab mampu membawa suasana dari tradisional hingga spiritual. Penyanyi pop, jazz pop, juga penulis lagu asal Inggris ini mencoba memaparkan 10 musisi jazz terbaik di dunia, dilansir dari the Guardian, Rabu (24/4). 

1. Charles Mingus (1922-1979)

Kebanyakan orang hanya mengenal Mingus sebagai pemain bass. Bagi Cullum, Mingus adalah komposer jazz paling inventif di zamannya. Musiknya memiliki energi revolusi, khususnya di era 1950-an dan 1960-an. Jazz ala Mingus menjadi lambang pemberontakan, sekaligus pendidikan.

2. John Coltrane (1926-1967)

Coltrane sangat sempurna menggubah musik jazz. Dia juga memainkan gaya jazz yang sangat spiritual dan hampir religius. Bagi Cullum, Coltrane seolah menyalurkan energi Yang Maha Kuasa melalui saksofonnya. A Love Supreme yang populer pada 1965 salah satu bukti pesona Coltrane.

3. Mary Lou Williams (1910-1981)

Lou memulai selera jazznya dengan bermain musik swing kemudian pada 1970-an mulai beralih ke avant garde. Lagu Suite Zodiac miliknya berhasil membuat pecinta jazz terhuyung-huyung sebab dia berhasil memadukan jazz dengan musik klasik. Lou adalah salah satu musisi jazz yang diterima di dunia musik klasik dan berhasil tampil di Carnegie Hall dengan sebuah orkestra.

4. Herbie Hancock (1940)

Hancock adalah salah satu pianis jazz yang berkembang dari waktu ke waktu. Dari fusion funk sampai ke electronic music menggunakan synthesizer pernah dia mainkan. Konsep bermusiknya adalah menyatukan funk and soul dengan pop.

5. Nat King Cole (1919-1965)

Musisi yang satu ini berhasil menyatukan Gershwin dan Cole Porter dengan string dan piano. Cole termasuk musisi yang menjadi orientasi penyanyi jazz kebanyakan. Mereka yang awalnya tidak suka jazz kebanyakan akan berubah pikiran usai mendengarkan Cole. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement