Kamis 04 Apr 2013 19:14 WIB

Rolling Stones Buka-bukaan Soal Tur Terbesarnya

Rep: Alicia Saqina/ Red: Djibril Muhammad
The Rolling Stones
Foto: juno
The Rolling Stones

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- 'The Rolling Stones' bercerita secara blak-blakan mengenai detail tur terbesar mereka selama enam tahun ini.

Rencana tur besar ini pun, merupakan tur yang akan dilaksanakan sekembali mereka dari Amerika Utara dan Inggris saat turut dalam perayaan 50 tahun eksistensi Jagger Cs di dunia musik, pada 2012 lalu.

Seperti yang dilansir Reuters, Rabu (3/4), mereka mengatakan, akan memulai tur di usia '50 tahun dan seterusnya' ini di Los Angeles pada waktu yang belum ditentukan.

Tetapi pada bulan depan, tepatnya pada 5 Mei mendatang, rencana gelaran tur ini sudah dipastikan. Pada tanggal tersebut, Rolling Stones akan bermain di Oakland, California, dan delapan kota lainnya termasuk Toronto dan London, Inggris.

Mick Jagger, pensiunan rocker yang tahun lalu tampil untuk menawarkan kemeriahan di sebuah mini tur di London dan New York ini, sempat mengatakan bandnya akan menempati posisi headline pada festival musik terbesar di Inggris, Glastonbury. Glastonbury rencananya akan dihelat, pada 29 Juni mendatang.

Dalam perayaan usia emas band asal Inggris ini, 'Rolling Stones' juga akan merilis koleksi hits terhebat mereka. Tak hanya itu, dokumentasi perjalanan karir, buku fotografi, dan kisah-kisah yang menuliskan sejumlah konser 'The Rolling Stones' pada 29 Maret kemarin, dipampang dalam website mereka yang bertajuk '5 Days & Counting...'.

"Sejauh ini, '50 and Counting' sudah berjalan cukup baik," kata Mick Jagger sang vokalis, Rabu (3/4). "Kami menghelat beberapa pertunjukan di London dan New York tahun lalu. Dan ternyata, sangat mengesankan dari yang kami bayangkan. Mari lanjutkan itu," katanya menambahkan.

Band yang bekerja dengan promotor tur AEG Live ini, pada Mei dan Juni mendatang, juga akan tampil di San Jose, Las Vegas, Anaheim, Toronto, Chicago, Boston, serta Philadelphia. Tiket konser grup Jagger Cs ini pun, sudah bisa didapatkan para pencintanya beberapa hari lagi, Senin (8/4). Mereka akan tampil di London's Hyde Park, pada 6 Juli mendatang.

'The Rolling Stones' yang digawangi Mick Jagger, Keith Richards dan Ronnie Wood pada gitar, serta Charlie Watts pada drum, hadir mewarnai musik Inggris awal tahun 60-an, tak jauh dengan 'The Beatles.'

Mereka menjadi satu dari banyak band rock and roll tersukses dalam sejarah musik rock and roll. Hits mereka di antaranya, '(I Can't Get No) Satisfaction', 'Jumpin' Jack Flash', dan 'Sympathy for the Devil.'

Selama lima dekade berkarir pun, 'The Rolling Stones' telah menyelenggarakan tur sebanyak 40 kali. Paling banyak diselenggarakan hampir di seluruh Eropa dan Amerika Utara, sekitar tahun 60-70-an.

Terkahir, mereka usai melaksanakan perjalanan 'A Bigger Bang' tur, yang dimulai dari 2005 hingga 2007, yang meraup keuntungan lebih dari 550 juta dolar. Sungguh sebuah tur musik dunia yang sangat memukau.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement