Kamis 04 Apr 2013 17:27 WIB

Melancong Malah Stres? Jangan Dong!

Bepergian untuk melihat tempat-tempat baru sangat menyenangkan, tapi juga berpotensi menimbulkan stres.
Foto: AOL TRAVEL
Bepergian untuk melihat tempat-tempat baru sangat menyenangkan, tapi juga berpotensi menimbulkan stres.

REPUBLIKA.CO.ID, Meski ada rasa penasaran dan kegembiraan, bepergian juga bisa menimbulkan stres. Para pelancong berpengalaman pun bisa saja tak tidur selama berhari-hari sebelum melakukan perjalanan. Oh, itu belum termasuk kehilangan tas dan ketinggalan pesawat.

Dalam takaran kecil, stress bisa menyehatkan, karena membuat seseorang tetap membumi. Hanya saja, terlalu banyak bisa berbahaya.

Tahukah anda, separuh dari kematian di Amerika Serikat saat bepergian di luar diakibatkan serangan jantung, paling tidak itu yang dilaporkan oleh Havard Health Letter.

Stres bisa mengacaukan mood, mempengaruhi tidur, pencernaan, dan bahkan membuat orang ogah lagi bepergian. Jadi, perencanaan dan perhatian kecil bagaimana melepaskan stres saat bepergian perlu diikutkan dalam bekal anda untuk menambah energi suka cita.

Mari simak kiat-kiat sederhana dari Aol Travel untuk menghindari stres saat berpetualang.

Sebelum anda pergi

  • Bersiaplah untuk kemungkinan terburuk dalam perjalanan. Bawa kudapan bisa menjadi penyelamat ketika anda terjebak dalam kemacetan atau saat 'melarikan diri'.
  • Buatlah jadwal perjalanan untuk memastikan sebagian perjalanan sudah diagendakan, sehingga anda memiliki kemampuan memprediksi dan tak harus membuat keputusan setiap hari. Perinci jadwal harian agar anda tenang begitu meninggalkan rumah.
  • Lakukan cek medis, terutama bila perjalanan anda bakal melibatkan aktivitas fisik seperti mendaki gunung atau banyak berjalan kaki.
  • Bawa obat-obatan dalam kemasan kecil yang praktis dan bawa serta nama generik, jika sewaktu-waktu anda butuh membelinya di luar.
  • Bawa barang bawaan seringan agar anda tak direpotkan saat berkeliling.
  • Jangan lupa suplemen serat, mengingat keluhan sembelit umum terjadi di kalangan pelancong.

Saat di jalan

  • Beri cukup banyak waktu di bandara dan stasiun kereta api sehingga anda tidak selalu terburu-buru. Tiba di terminal transportasi lebih awal dan nikmati memandang orang-orang berlalu-lalang.
  • Jangan abaikan kebutuhan diri sendiri. Makanlah ketika lapar, minum saat haus dan beristirahatlah begitu lelah.
  • Ketahui batas anda. Ada beberapa malam di mana anda butuh layanan kamar dan tidur lebih awal. Itu tak lantas membuat anda menjadi pelancong buruk.
  • Kurangi dan jika perlu coret makanan porsi besar yang berlemak.
  • Minum air, bahkan bila anda harus membeli berbotol-botol. Jangan mengandalkan minuman ringan yang justru memicu dehidrasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement