Senin 25 Mar 2013 07:03 WIB

Kim Hye Soo Mengaku Plagiat Tesis

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hazliansyah
Kim Hye Soo
Foto: Allkpop
Kim Hye Soo

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- ROLers, bagi anda penggemar serial Korea Selatan, pastinya sudah tak asing lagi dengan wajah Kim Hye Soo.

Aktris yang satu ini populer diserial 'Style' yang sempat tayang di beberapa stasiun televisi swasta di Indonesia.

Baru-baru ini, Hye Soo membuat pernyataan mengejutkan. Ia mengaku melakukan praktik plagiat, yaitu menjiplak makalah tesis untuk gelar masternya di Universitas Sunkyunkwan Jurusan Komunikasi pada 2001.

Perwakilan agensi Hye Soo menyampaikan pernyataan resmi artisnya.

"Kim Hye Soo mengakui tuduhan plagiarisme. Itu terjadi sekitar 10 tahun lalu ketika dia menyusun tesis. Itu adalah periode tersibuk dalam kariernya sehingga dia terpaksa melakukannya. Dia sama sekali tak berpikir panjang bahwa kasus ini akan berlanjut serius," ujarnya, dikutip dari Allkpop, Senin (25/3).

Jika Hye Soo mengakui tuduhan yang disampaikan padanya, tak demikian dengan Kim Mi Hwa. Aktris yang satu ini juga dihadapkan pada tuduhan yang sama atas praktik plagiarisme pada 2011 lalu.

Mi Hwa membantah tuduhan itu. Ia mengungkapkan seorang wartawan ada yang tidak menyukai dan sakit hati padanya. Sehingga, wartawan itu sengaja memelintir laporan beritanya.

Mi Hwa menjelaskan, masalah yang terjadi ketika dia menjalani tesis hanya sebatas lupa menulis nama bahasa inggrisnya. Ia juga salah dalam menulis nama profesor di tesisnya, sehingga harus diganti.

Itu semua hanya kesalahan kecil dan Mi Hwa kembali menegaskan dia sama sekali tak terlibat dalam kasus plagiarisme tersebut.

Mi Hwa berniat mengajukan gugatan kepada wartawan yang telah mencemari nama baiknya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement