Senin 25 Feb 2013 09:34 WIB

Keunikan Oscar Tahun Ini

Rep: Nur Aini/ Red: Hazliansyah
Piala Oscar
Foto: Amy Sancetta/AP
Piala Oscar

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Penghargaan Academy Awards ke-85 memiliki sejumlah keunikan yang tidak ditemukan dalam penyelenggaran tahun sebelumnya.

Tahun ini, Oscar diperebutkan oleh aktris dari yang muda hingga tua. Nominator tertua di Oscar tahun ini yakni aktris Prancis berusia 86 tahun, Emanuella Riva. Dia mendapat nominasi sebagai aktris terbaik. Dia bersaing dengan aktris termuda, Quvenzhane Wallis yang baru berusia 9 tahun.

Nominasi terbanyak tahun ini didapat film tentang mantan Presiden AS, Loncoln. BBC melaporkan, film tersebut masuk dalam 12 nominasi. Hal itu termasuk Daniel Day Lewis yang masuk dalam nominasi aktor terbaik untuk perannya sebagai Abraham Lincoln.

Sementara itu, Argo yang dinominasikan menjadi film terbaik akan mencatat sejarah jika menang. Argo akan menjadi film pertama sejak 1989 ketika film Driving Miss Daisy memenangkan penghargaan tersebut dimana sutradaranya juga masuk nominasi sutradara terbaik. Film Argo disutradarai dan juga dibintangi aktor, Ben Affleck.

Meski demikian, Oscar tetap mencatat keunikan tersendiri sebelumnya. George Clooney merupakan salah satu dari dua orang yang pernah dinominasikan dalam enam nominasi berbeda di Oscar.

Clooney pernah mendapat nominasi aktor terbaik, aktor pendukung terbaik, film terbaik, film asli terbaik, film adaptasi terbaik, dan sutradara terbaik. Clooney hanya bersama legenda Walt Disney yang pernah mendapat nominasi tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement