Rabu 20 Feb 2013 18:33 WIB

Saute, Satu Cara Sehat Memasak Sayuran, Seperti Apa?

Saute kacang polong (ilustrasi)
Saute kacang polong (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  Apa itu Saute? Ini adalah metode memasak kering yang menggunakan panas tinggi dan sedikit minyak atau lemak. Saute berasal dari Bahasa Prancis berarti 'melompat' atau 'melempar'. Gagasanya yakni membuat makanan berada di atas wajan hanya untuk sesaat.

Para koki profesional kadang tidak membutuhkan serok untuk melakukannya, mereka membolak-balik sayuran dengan cara melempar-lemparkannya dari wajan. Tentu saja mereka telah terlatih untuk melakukannya tanpa membuat sayuran keluar dari penggorengan.

Untuk Anda, menggunakan serok adalah cara yang disarankan demi mencegah tak ada sayuran terbuang. Bagaimana caranya? Ini beberapa tips yang disarankan Danilo Alfaro, seorang koki profesional dan pemandu rubrik kuliner di About.com.

Panaskan Penggorengan untuk me-saute.

Wajan antilengket pilihan pas untuk memasak dengan cara ini karena membuat lemak atau minyak menguap tanpa harus membuat sayuran lengket ke wajan. Begitu penggorengan panas, tambahkan minyak sedikit saja, lalu masukkan bawang bombay dan daun bawang. Anda juga bisa memasukkan bawang putih bila suka.

Saute Kacang Polong

Begitu bahan-bahan tadi mencapai kondisi yang Anda inginkan, tambahkan kacang polong dan sayur-sayuran yang ingin anda Saute. Terus aduk dengan serok, jangan biarkan mereka diam karena panas tinggi bisa membuat sayuran jadi hangus. Lakukan itu hingga sayuran hijau terlihat menjadi sangat terang dan mengkilap.

Apa manfaatnya?

Sayuran tidak butuh waktu lama untuk dimasak karena unsur nutrisinya bisa hilang dan rusak akibat panas. Saute menjadi salah satu cara tepat untuk memasak karena panas tinggi bisa membunuh bakteri, dan durasi memasak yang tidak lama bisa membuat tekstur sayuran tetap renyah dan rasa pun terjaga. Tampilan sayuran juga tetap menarik ketika disajikan.

Selamat membuat santapan sehat dari sayuran!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement