Senin 18 Feb 2013 13:30 WIB

Tas Bagi Fotografer untuk Bertempur di Alam Terbuka

The Rover Pro
Foto: WIRED
The Rover Pro

REPUBLIKA.CO.ID, Tas-tas dengan roda adalah pilihan untuk sebagian besar fotografer ketika waktunya bepergian. Masalahnya, apa yang terjadi ketika ia harus membawa semua properti--paling sedikit dua bodi kamera, beberapa lensa, lampu flash, baterai, dan juga makan siang---ke pegunungan, lereng bersalju atau tempat-tempat lain di mana roda tidak lagi bersahabat?

Anda pasti akan meletakkan semua peralatan tadi di belakang punggung. Beruntungnya, kini banyak tas yang didesain bagi fotografer profesional yang membutuhkan bahu untuk mengangkut amunisi kamera ke lokasi terpencil atau menyeberangi dataran terjal berbukit-bukit.

Berikut salah satu mereka yang layak diuji untuk digunakan saat bepergian di medan berat. Tas ini didesan dan dikonstruksi untuk fotografer yang lebih sering bekerja di lapangan, juga untuk mereka yang harus membawa semua peralatan ke area terpencil.

Satu faktor yang jadi pertimbangan utama cukup jelas, yakni kenyamanan dan sifat mudah digunakan di segala jenis medan. The Rover Pro, nama tas itu dibanderol dengan harga 250 dolar AS (Rp2,5 jutaan)

Tas ini memiliki panel punggung gaya trampolin yang memberi ruang untuk bernapas sehingga membuat tas tidak  menekan langsung ke pakaian Ada. Bagian ini otomatis menyediakan ventilasi di punggung agar Anda tidak mudah berkeringat di bagian punggung.

Ada tali strap di bagian eksterior untuk membawa satu tripod, palu pemanjat tebing atau tongkat trekking. Kemudian di bagian bawah terdapat tali strap tambahan untuk mengikat kantong tidur atau tenda untuk petualangan beberapa hari.

Bagian eksterior tas juga ditutupi sepenuhnya dengan nilon berteknologi tiga lapis 210 dengan lapisan poliretane untuk mencegah kelembaban udara luar masuk. Lapisan itu memiliki fungsi ampuh untuk melindungi peralatan anda dan Rover tak hanya memberi itu, melainkan juga memberikan penutup segala cuaca. Bila ada hujan ekstra lebat, tas ada tetap terlindungi di bawa jas hujan mininya.

 

Secara keseluruhan, Rover relatif ringan untuk tas kamera profesional (2,5 kg) dan memiliki kesan tahan lama seperti yang diharapkan pemakainya. Apalagi, tas ini didesain untuk mengejar pemain ski, atlet panjat gunung atau menjelajah dan mengikuti jejak hewan liar di penjuru savana.

Ada kantung di samping yang didedikasikan untuk menyimpan botol berukuran 2 liter. Tentu saja akan menambah bobot bila anda menggunakannya.

Satu fotografer profesional yang pernah menggunakannya, dalam reviewnya, Jakob Schiller, menyatakan tas ini benar-benar nyaman, meski ketika bermuatan penuh. Tas didesain khusus untuk petualangan di alam liar terbuka. "Bisa menerima 'pukulan," tulis Schiller.

Satu yang disayangkan Schiller di sini, pembatas ruang-ruang di dalam tas untuk menyimpan peralatan sedikit rapuh. Dalam segi desain, tas tersebut seharusnya masih bisa menyediakan satu lagi kantong penyimpanan luar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement