Jumat 15 Feb 2013 13:55 WIB

Asita Incar 10 Juta Wisman Berkunjung ke Indonesia

Rep: niken paramita/ Red: Taufik Rachman
Sejumlah wisman yang baru tiba di Pulau Lombok, NTB.
Foto: Antara
Sejumlah wisman yang baru tiba di Pulau Lombok, NTB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Ketua Umum Association Of The Indonesian Tours & Travel Agencies (Asita) Asnawi Bahar, menargetkan 10 juta wisatawan yang berkunjung ke Indonesia di tahun ini.

Jumlah ini masih sama dengan jumlah di tahun lalu. Menurutnya, jumlah ini sebetulnya masih kecil. Mengingat potensi Indonesia yang besar. "Kapasitas kita yang belum bisa mencukupi jadi belum bisa menampung banyak turis," katanya

Industri pariwisata Indonesia memang masih terus akan berkembang. Salah satu yang dilihat Asita adalah dengan meningkatnya pengungjung disetiap pameran dan pagelaran pariwisata lainnya yang digelar. "Pengingkatan ini seiring dengan meningkatnya ekonomi di kalangan menengah," tambahnya.

Selama ini promosi-promosi yang dilakukan juga masih dirasa kurang untuk meningkatkan jumlah wisatawan. Banyak kendala yang juga yang harus dilewati industri pariwisata ini. Salah satunya menurut Asnawi adalah tutupnya beberapa airlines.

Dengan tutupnya airlines Asnawi menyatakan banyak kerugian yang diderita oleh para travel agen ini. Deposit yang selama ini sudah mereka tanam juga belum kembali. "Belum kelar kasus kita dengan Adam Air dan Mandala Air, sekarang lagi dengan Batavia Air. Risiko besar untung kecil," ungkapnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement