Jumat 08 Feb 2013 06:00 WIB

Simak Tip Aman Berpetualang Sebelum Melancong ke Luar (3-habis)

Masjid kuno lokal di Turki bisa menjadi tujuan wisata menarik tak biasa (ilustrasi)
Foto: TRAVELATELIER.COM
Masjid kuno lokal di Turki bisa menjadi tujuan wisata menarik tak biasa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Sepuluh tip pertama mulai dari tidak mudah percaya dengan orang asing hingga suntik vaksin sebelum bepergian di luar telah diulas dalam dua bagian sebelumnya.

Berikut adalah enam tip terakhir dari Lonely Planet namun tak bisa dianggap kurang penting karena juga menyangkut keamanan barang-barang anda, dan juga gangguan yang mungkin tidak anda duga ketika melakukan perjalanan di luar negeri.

11 Jangan tinggal barang-barang anda di ruang publik tanpa penjagaan.

Foto: buyalex

Ini sebenarnya sangat jelas, bahkan di negara sendiri pun sebaiknya jangan. Tapi, orang kerap melakukan ini berulang kali. Paling umum, pelancong meninggalkan barang mereka di bawah di samping kaki atau menggantungnya di sandaran kursi kafe atau restoran. Cara seperti ini di luar belum tentu aman. Sebaiknya tetap pangku barang-barang itu atau lilitkan ke kaki anda.

12. Serahkan saja.

Foto silver marquis

Ada aturan sederhana yang sepertinya sulit dilakukan banyak orang. Ketika anda ditodong, berikan saja dompet anda, jam tangan dan apa pun. Ini bisa jadi bukan masalah bila anda memiliki asuransi perjalanan. Lagi pula anda menyimpan barang-barang tak tergantikan di rumah, seperti kalung peninggalan nenek. Lakukan saja dengan tenang dan pergi tanpa perlu cedera.

13 Jangan memberi pengemis

Foto: magical-world

Ada perkecualian dalam aturan ini kepada para biarawan yang mencari sedekah. Namun secara umum lebih baik jangan berikan uang kepada pengemis di jalan. Terlepas dari aktivitas yang membuat anda harus menampakkan dompet di depan umum, anda yang sedang berada di luar negeri lebih membutuhkan uang itu untuk hal-hal tak terduga. Bila anda ingin membantu, lebih baik lakukan pekerjaan suka rela di tempat tujuan atau mendonasikan ke yayasan bantuan lokal.

14. Berhati-hatilah menggunakan kartu kredit di kafe internet.

Foto: TimYang.net

Komputer internet mungkin memiliki software keylogger atau perangkat keras yang merekam jejak kunci anda, jadi orang-orang berniat jahat (tak selalu si pemilik kafe) bisa dengan mudah menggunakan username dan password untuk mengakses online banking dan email serta data rahasia lain untuk mendapat detail kartu kredit anda.

15. Jangan pelihara kucing atau anjing

Foto: Common Wikimedia

Saran ini juga serius. Bisa jadi anda rindu dengan hewan piaraan di rumah, namun sejumlah hewan di luar bisa mengidap rabies atau infeksi lain. Anda juga sebaiknya tidak memberi makan kera bila dalam tujuan wisata, anda menjumpai makhluk ini. Mereka akan selalu mengikuti dan bisa jadi meneror anda untuk mendapatkan makanan lebih.

16. Musuh terburuk bisa jadi teman seperjalanan anda.

Foto: Ed Yourdon

Seringkali teman yang merancang petualangan bersama kita mengambil risiko yang merisikokan keamanan. Mereka meminta tolong dari orang-orang yang menurut ukuran anda tak bakal anda dekati. Mereka memperparah situasi dengan sikap arogan, atau mereka melanggar aturan-aturan yang sudah diulas di atas. Jangan mau tertekan, tentukan sikap anda. Bila mereka terus membuat anda merasa tidak nyaman, pertimbangkan untuk berpisah jalan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement