Rabu 06 Feb 2013 19:48 WIB

Jamuan Makan Siang Para Nominator Oscar

Rep: Gita Amanda/ Red: M Irwan Ariefyanto
Para nominator Oscar 2013 berfoto bersama setelah jamuan makan siang
Foto: guardian
Para nominator Oscar 2013 berfoto bersama setelah jamuan makan siang

REPUBLIKA.CO.ID,LOS ANGELES -- Tiap kali ajang penghargaan Oscar digelar selalu disertai serangkaian kegiatan. Salah satunya Nominees Luncheon, acara ini adalah waktu dimana seluruh nominator Oscar dan penyelenggara berkumpul untuk mengadakan makan siang bersama.

Tak hanya sekadar makan siang biasa, disini para nominator diberikan semacam perkenalan singkat mengenai Oscar. Selain itu, umumnya ajang makan siang ini pun dijadikan sebagai ajang saling mengenal antar para nominator.

Untuk menyambut ajang penghargaan Oscar ke 32, Nominees Luncheon diselenggarakan di Ballroom Internasional Beverly Hilton. Acara yang digelar Senin (4/2) tersebut dihadiri oleh 163 nominator Oscar tahun ini. Mereka antara lain Ben Affleck (untuk filmnya Argo), Steven Spielberg (Lincoln), dan Denzel Washington (Flight). Mereka bergabung dengan ratusan nominator lain di lusinan meja yang telah disiapkan panitia.

Tak hanya makan siang bersama, seluruh peserta juga berpose dan foto bersama patung emas lambang piala Oscar. Selain itu mereka juga menerima sertifikat resmi nominasi Oscar, beberapa pengarahan dan tentunya tas hadiah berisi berbagai hal seperti kaos bertuliskan " Oscar Nominee".

Kemeriahan Nominees Luncheon sudah terasa sejak awal kehadiran mereka. Diluar area Hilton, peserta sudah disambut oleh sejumlah pemrotes damai. Para pendemo memprotes film Zero Dark Thirty yang konon dipenuhi gambaran kekerasan. Selain para pemerotes, para nominator juga disambut oleh ribuan penggemar yang telah memadati jalan masuk menuju Hilton. Mereka yang datang umumnya meminta tanda tangan dan foto para nominator yang hadir.

Sementara di dalam ruangan, para nominator Oscar disambut iringan musik yang dibawakan oleh Frank Marshall, di dalam DJ booth. Marshall sendiri dikenal telah lima kali masuk nominasi Oscar untuk kategori Produser Musik. Namun kali ini Marshall harus puas mengiringi para tamu dan tak lagi masuk dalam nominasi. Meski sang Istri Kathleen Kennedy masuk dalam nominasi Best Pictures untuk film Lincoln.

Sebelum memulai makan siang, para tamu tersebut disuguhkan jamuan koktail. Di sana para nominator dibiarkan berbaur satu sama lain. Sementara presiden baru Oscar, Hawk Koch, menyambut mereka.

Koch mengatakan, tahun ini adalah tahun terbaik Oscar sepanjang sejarah. Ia juga menyatakan rasa bangganya, sebab dalam acara tersebut hadir sejumlah tokoh penting. Antara lain para peraih Ajang Penghargaan Pemerintah  seperti Hal Needham, George Stevens Jr dan Jeffrey Katzenberg. Selain itu hadir pula presiden-presiden Oscar terdahulu seperti Walter Mirisch, Arthur Hiller, Sid Ganis dan Tom Sherak. Serta tim produksi Oscar termasuk veteran Don Misher dan Michael B Seligman.

Koch juga menjelaskan pada tamu yang hadir mengenai terpilihnya Neil Meron dan Craig Zadan sebagai produser Oscar tahun ini. "Keduanya datang bagaikan mimpi dan merupakan pilihan sempurna," ujar Koch. Mengingat pengalaman keduanya dalam memproduksi Broadway dan sejumlah program televisi.

Senada dengan Koch, Meron dan Zadan pun menyambut baik tawaran untuk menggawangi produksi Oscar ke 32 tersebut. Menurut keduanya memproduksi Oscar sudah lama jadi impian mereka.

Meron dan Zadan pun optimistis, penyelenggaraan Oscar yang digelar 24 Februari mendatang akan menyuguhkan perayaan Oscar yang original. Berdasarkan latar belakang mereka, maka musik akan mengambil peranan besar dalam perayaan Oscar tahun ini. Penyanyi Barbra Streisand pun didaulat tampil dalam acara tersebut. Dan ini akan menjadi penampilan pertama Streisand kembali ke atas panggung, setelah 36 tahun vakum.

Bahkan, rencananya Meron dan Zadan hanya memberi waktu 45 detik untuk masing-masing penerima Oscar menyampaikan sambutan. Jika melewati waktu tersebut, Orchestra akan menutup sambutan mereka. "Silahkan berbicara dari hati, bukan dari selembar kertas," ujar Zadan.

Setelah sedikit sambutan dari Koch, sambil menikmati makan siang mereka acara dilanjutkan pemutaran video riwayat Oscar yang dibawakan pemenang Aktris Pendukung Terbaik Oscar tahun lalu, Octavia Spencer. Video tersebut menampilkan sejarah singkat Oscar yang disuguhkan dalam sejumlah klip dan film klasik. Video ditutup ucapan selamat dengan pesan ucapan, "Anda sekarang diakui di seluruh dunia dan bagian dari sejarah ini."

Sesaat kemudian Koch melangkah ke depan dan menemai Ric Robertson membacakan nominator-nominator Oscar tahun ini. Berbeda dari tahun  sebelumnya, pembacaan nominator tak lagi berurutan abjad. Dan seperti sebelumnya, para nominator dipanggil naik ke panggung untuk menjabat tangan Koch serta bersiap diposisi yang disediakan untuk sesi foto bersama.

Selebihnya para wartawan dalam ruangan memantau volume tepuk tangan yang ditujukkan pada para nominator. Sebab dalam acara semacam ini volume tepuk tangan dapat menjadi barometer akurat dukungan yang diberikan pada para nominator.

Sepertid dilansir The Hollywood Reporter, tepuk tangan paling keras ditujukkan pada nominator Oscar termuda Quvenzhane Wallis (9tahun) untuk filmnya Beast of the Southern Wild. Sementara tepuk tangan paling keras kedua dan ketiga jatuh pada nominator sutradara terbaik Steven Spielberg (Lincoln) serta nominator aktor terbaik Hugh Jackman (Les Miserables).

.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement