Ahad 03 Feb 2013 09:36 WIB

Suniel Shetty: Olahraga dan Bollywood Satukan India

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Fernan Rahadi
Sunil Shetty
Foto: India Today
Sunil Shetty

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Aktor senior Bollywood, Suniel Shetty menganggap hanya dua hal yang bisa menyatukan nasionalisme India yang terdiri dari kehidupan beragam.

"Hanya dua hal yang bisa menyatukan negara ini, olahraga dan film Bollywood" katanya dikutip dari The Hindustan Times, Ahad (3/2).

Aktor 51 tahun ini juga berbicara tentang sejumlah olahraga yang populer di India. Secara pribadi, Suniel menilai olahraga nasional di India itu bukan kriket, melainkan gulat dan hoki.

"Aku memang menggemari kriket. Namun, jika gulat juga dipromosikan besar-besaran seperti kriket, itu akan baik juga untuk India," katanya.

Pasalnya, pada ajang Olimpiade dan Asian Games, India mendapatkan medali tertinggi dari olahraga gulat. Oleh karena itu, Suniel berpendapat gulat perlu menjadi tuan rumah di negaranya sendiri.

India mempunyai olahraga gulat yang unik. Jika selama ini gulat modern identik dilakukan di atas matras. Namun, sejak zaman kuno, penduduk India terbiasa melakukan gulat di atas lumpur. Gulat India ini disebut 'Kushti.'

Saat ini, generasi muda India semakin sedikit yang menekuni olahraga tradisional tersebut. Kebanyakan dari mereka lebih tertarik dengan olahraga gulat modern yang memungkinkan mereka menjadi atlet profesional tingkat dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement