Selasa 29 Jan 2013 07:30 WIB

Yuk, Pesta Rambutan

Rep: Ilhami Rizqi Ashya / Red: M Irwan Ariefyanto
Buah Rambutan (Ilustrasi)
Buah Rambutan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,PALMERAH -- Akhir-akhir ini di Jakarta dan beberapa kota lain di Indonesia tengah marak dengan buah manis berwarna kemerahan yang memiliki rambut ini. Ya, buah yang sekarang lagi musimnya ini dikenal dengan nama buah rambutan.

Ya, saat ini sejak akhir tahun lalu memang sedang musim buah rambutan dimana-mana. Bila kita melihat di beberapa pasar di wilayah Jabodetabek, para pedagang buah musiman ini bertebaran di sekeliling pasar. Di pasar Palmerah misalnya, sejak pagi para pedagang buah rambutan ini telah menggelar dagangannya, baik yang di gerobak maupun digelar begitu saja di pinggir jalan.

Harganya pun tidak akan membuat kantong bolong, pertiga ikat harganya berkisar antara Rp. 8.000 sampai Rp.10.000. Biasanya para pedagang ini menulis harga rambutan dagangannya di selembar karton, berlomba-lomba mencoba menarik pembeli dengan harga yang lebih murah dari pedagang lain yang disebelahnya.

Sepasang suami istri yang berjualan rambutan di depan Pasar Palmerah, Dina dan Rusdi mengatakan mereka biasanya menggelar dagangan sejak pukul 08.00 hingga sore. Sebenarnya mereka bukan pedagang buah ini, mereka memiliki warung dirumahnya di wilayah Kebun Jeruk, namun bila musim rambutan mereka banting setir menjual buah tersebut karena untungnya lebih besar. Musim buah rambutan juga diperkirakan masih terus berlangsung hingga dua bulan ke depan.

Manfaat buah ini juga sudah tidak diragukan lagi, selain mengandung vitamin C dan mineral yang cukup banyak, rambutan juga dapat digunakan untuk diet karena per 100 gramnya mengandung 84 kalori. Rambutan juga dipercaya dapat menjadi obat herbal untuk membunuh parasit usus dan mengurangi gejala diare, serta dapat menurunkan demam. Nah, tunggu apa lagi, mumpung masih musimnya, yuk kita pesta rambutan!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement