Kamis 24 Jan 2013 21:19 WIB

Yuk Kenali Bahasa Slang Korea (4-Habis)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Djibril Muhammad
Bendera Korsel
Bendera Korsel

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Bagi anda 'Korean Wave' khususnya yang gemar menonton film dan drama Korea Selatan, mungkin sedikit kebingunan mendengar beberapa kosa kata yang sulit diartikan.

Berikut ROL mengumpulkan sejumlah kosa kata yang biasa digunakan dalam bahasa slang di Korea Selatan. Berikut daftarnya, yang dikutip dari Soompi, Kamis (24/1).

13. Ganji

Kata ini diserap orang Korea Selatan dalam bahasa Jepang. Kata ini biasanya untuk mengungkapkan ekspresi seseorang saat melihat sosok yang mengagumkan dan membuat mata mereka tak berkedip beberapa saat. Dalam bahasa inggris, ini bisa disebut 'awesome.' Contoh kalimatnya, "TOP BigBang is ganji."

14. Mome Jjang

Kosa kata yang satu ini seringkali kita dengar dalam adegan film atau drama Korea. Biasanya, seseorang akan mengucapkan kata ini jika ada pria atau wanita yang tampan atau cantik, serta bertubuh indah atau atletis lewat di depannya. Untuk pria, biasanya pria yang berotot, sedangkan wanita biasanya yang langsing. Contoh kalimatnya, "Kwon Sang Woo is a Mome Jjang."

15. Bba Soon Eee

Kata ini adalah sebutan lain untuk 'Sasaeng' atau fans gila di Korea Selatan. Namun, 'Bba Soon Eee' lebih ekstrem lagi. Fans gila ini akan melakukan tindakan melewati batas untuk mengungkapkan rasa cinta mereka kepada selebritis favorit mereka. 

Misalnya, mereka menulis surat dengan darah mereka, atau melakukan tindakan-tindakan berbahaya jika mengetahui grup idola mereka ada yang dinyatakan bubar. Ini pernah terjadi saat boyband DBSK pecah dan membentuk formasi baru menjadi JYJ. Contoh kalimatnya, "Bba Soon Eee’s" need to stop bothering JYJ!" 

16. Looger

Kata ini serapan dari kosakata 'Looser' dalam bahasa Inggris. Kata ini populer setelah seorang mahasiswa bernama Lee Do Kyung muncul di variety show Korea Selatan. Jika di Inggris atau Amerika, kata ini berarti pecundang. 

Namun, di Korea Selatan, kata ini berarti 'pendek.' Sebab Lee Do Kyung yang muncul waktu itu bertubuh pendek. Di kalangan netizen Korea Selatan, kata yang satu ini sering disebutkan. Contoh kalimatnya, "I was set up with a blind date yesterday, he was only 160 cm, such a looger."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement