Rabu 23 Jan 2013 13:08 WIB

Agar Orientasi Seksual Anak tak Menyimpang, Ini Jurusnya

Rep: Susie Evidia/ Red: Endah Hapsari
Orangtua harus memberi contoh yang baik pada anak agar perilaku seksualnya tidak menyimpang/ilustrasi
Foto: guardian.co.uk
Orangtua harus memberi contoh yang baik pada anak agar perilaku seksualnya tidak menyimpang/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Psikolog Lusi Triyani memberi tips langkah-langkah yang dilakukan orangtua agar anak-anak aman dari penyimpangan seksual.

Komunikasi

Lusi yakin, orangtua yang menjalin komunikasi yang baik, kasih sayang, serta perhatian penuh terhadap anak-anak membuatnya nyaman bersama orangtua. Anak-anak tidak terpikir melakukan hal-hal menyimpang.

Ajarkan nilai-nilai, norma

Tanamkan sejak dini nilai-nilai agama, dan norma yang sesuai dengan jenis kelamin anak. Jelaskan secara rinci bagaimana perilaku perempuan yang lembut, keibuan, dan lainnya. Demikian juga anak lelaki harus kuat, tidak egois dan seterusnya sehingga anak-anak paham membedakan. Jelaskan pula peran masing-masing setelah dewasa. Tegaskan bahwa perempuan harus menikah dengan pria, dan sebaliknya. Karena dosa jika menyimpang melakukan hubungan sejenis.

Contoh

Orangtua memberi contoh yang positif kepada anak-anak dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana sikap istri terhadap suami, dan sebaliknya, saling menghargai, kasih sayang, tolong menolong sehingga anak melihat betapa bahagianya menjadi suami-istri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement