Senin 07 Jan 2013 12:31 WIB

Mau Cokelat Hangat Lebih Nikmat? Pakai Gelas Ini

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Fernan Rahadi
Secangkir Cokelat (Ilustrasi)
Foto: foodnetwork.com
Secangkir Cokelat (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sebuah tim riset internasional melakukan penelitian mengenai dampak warna gelas (mug) terhadap rasa minuman. Para peneliti menemukan minuman cokelat terasa lebih nikmat bila menggunakan mug berwarna oranye atau krem.

Para pecinta cokelat panas bisa saja mengatakan kunci dari kenikmatan minuman cokelat adalah komposisinya. Namun, penggunaan perangkat makan ternyata juga berpengaruh menurut tim peneliti tersebut.

Seperti dilansir dari laman Daily Mail, hasilnya menggunakan mug berwarna oranye adalah cara terbaik menikmati minuman dari biji kokoa tersebut. Hasil ini juga menjelaskan mengapa kita lebih memilih meminum teh atau kopi dengan mug kesayangan kita. Seseorang merasakan makanan secara berbeda tergantung dari warna gelas atau mangkuk yang digunakan saat menyajikan makanan.

Peneliti dari Universitas Oxford dan Politeknik Universitas Valencia melakukan penelitian terhadap 57 sukarelawan. Mereka diminta merasakan cokelat panas dari empat gelas plastik dengan warna berbeda. Setelah merasakan minuman, setiap partisipan diminta memberikan penilaiannya dengan skala satu sampai 10. Kriteria penilaian meliputi kenikmatan, rasa cokelat, aroma dan rasa manis. 

Hasilnya, sebagian besar sukarelawan mengatakan minuman itu terasa lebih enak saat disajikan dengan gelas oranye atau krem dibandingkan gelas warna putih atau merah. Laporan penelitian ini dipublikasikan dalam Jurnal Penelitian Sensoris.

"Dalam penelitian minuman cokelat ini, cangkir atau mug berwarna gelap akan meningkatkan persepsi rasa manis, sedangkan warna oranye akan mengintensifkan rasanya," begitu tertulis dalam jurnal. 

Psikolog dari Universitas Oxford Profesor Charles Spence yang juga melakukan penelitian mengatakan selama bertahun-tahun ilmuwan hanya terfokus pada rasa, warna dan suara makanan.

"Semua itu sangat penting tapi ada bagian lain yang tampaknya tidak disadari sebelumnya, yaitu hal yang menyertai makanan. Kita tidak pernah memakan makanan begitu saja, tapi selalu menggunakan perangkat makan," katanya. 

Penelitian ini juga menegaskan dampak dari wadah makanan terhadap rasa dan pengalaman menikmati makanan atau minuman. Contohnya, wadah kaleng berwarna kuning dapat meningkatkan aroma lemon. Sedangkan minuman soda dalam wadah berwarna dingin, seperti biru dianggap dapat memuaskan dahaga dibandingkan warna hangat, seperti merah. Jika suatu minuman berwarna pink, mereka dianggap terasa lebih manis. Dalam kasus lain, telah terbukti stroberi mousse terasa lebih manis dan pekat jika disajikan dalam piring berwarna putih dibandingkan piring warna hitam. 

Untuk kopi, mayoritas sukarelawan berpendapat kemasan berwarna coklat berasosiasi dengan rasa dan aroma kopi yang kuat. Kemasan warna merah lebih menegaskan sensasinya. Pada warna biru dan kuning membuat minuman ini terasa lebih ringan dan lembut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement