Selasa 08 Jan 2013 10:07 WIB

Rambut Indah Ala Salon tanpa Bikin Bangkrut, Ini Caranya

Rep: Siwi Tri Puji/ Red: Endah Hapsari
Rambut
Foto: mybluemascara.blogspot.com
Rambut

REPUBLIKA.CO.ID, Perempuan cenderung menghambur-hamburkan uang untuk berbagai keperluan yang sebetulnya bisa diperoleh dengan biaya murah. Ungkapan rada sinis itu, dikemukakan David Evangelista, hairstylist beberapa bintang Hollywood papan atas, mengomentari mahalnya biaya perawatan rambut para selebriti. ''Mereka hanya menggelontorkan banyak uang ke comberan saja,'' ujarnya, seperti dikutip sebuah situs kecantikan.

Evangelista tidak berlebihan. Sebagai pakar penataan rambut, ia paham betul bagaimana membentuk rambut indah. Menurut Evangelista, untuk 'menciptakan' rambut indah, biaya yang dikeluarkan hanyalah 48,65 dolar AS saja, alias angka yang amat sangat murah bagi selebriti. Ia memberi tips murah membeli produk perawatan rambut sebagai berikut:

* Satu kesalahan terbesar orang adalah tidak tahu apa yang mereka inginkan saat berbelanja kebutuhan perawatan rambut. Mereka hanya pergi ke counter produk perawatan rambut dan mencomot beberapa produk yang sebetulnya tidak begitu mereka perlukan.

* Carilah produk-produk yang serbaguna. Misalnya saja soft-hold styling spray. Sekilas, produk ini memang lbih mahal, tapi melihat fungsinya yang beragam, uang yang dikeluarkan menjadi lebih bernilai. Produk ini bermanfaat sebagai setting lotion, texturizing spray dan membuat rambut tampak lebih bervolume.

* Tips yang pertama, tidak berlaku dalam pemilihan shampo. Hindari sampo yang berkombinasi dengan conditioner. Produk ini biasanya mengandung alkaline yang tinggi sehingga rambut menjadi kering karena kehilangan minyak alaminya.

* Shampo dan conditioner yang baik biasanya justru kurang beken dan dijual di apotik, bukan di supermarket. Bisa juga membeli produk shampo seperti yang dipakai di salon-salon papan atas, karena selain serbaguna juga efektif.

* Jangan pernah percaya label. Belum tentu produk dengan merek terkenal dan berharga mahal cocok untuk rambut Anda. Harga bukan jaminan produk tersebut kerkualitas. produk yang baik biasanya mengandung panthenol, pelembab, polysorbate 80 dan penguat rambut.

* Kadangkala, 'mencontek' itu berguna. Tanyakan pada teman yang mempunyai tipe rambut sama dan tampak terawat mengenai produk apa yang mereka gunakan. Atau bisa juga pada seseorang yang Anda temui di pusat perbelanjaan. Jangan sungkan, karena langkah ini bermanfaat ganda, bagi rambut Anda, dan bagi ego dia, karena pasti dia akan merasa tersanjung!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement