Jumat 04 Jan 2013 09:51 WIB

2012, YG Entertainment Rajai Hiburan Korea

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Hafidz Muftisany
Presiden YG Entertainment, Yang Hyun Suk
Presiden YG Entertainment, Yang Hyun Suk

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Tahun 2012 menjadi tahun paling gemilang bagi label 'YG Entertainment.' Menurut situs populer Korea, Jaebol.com, YG menjadi label hiburan yang memiliki lembar saham terbanyak sepanjang 2012.

Presiden YG Entertainment, Yang Hyun Suk bahkan mengungguli CEO SM Entertainment, Lee Soo Man. Pada akhir 2011, harga saham YG Entertainment hanya dikisaran 1.314 won atau Rp 12 ribu per lembar saham.

Namun, setelah sukses mengorbitkan Psy yang mengandalkan lagu 'Gangnam Style,' saham YG melonjak drastis. Pada akhir 2012, harga saham YG meroket 67 persen dan ditutup dikisaran 2.195 won atau Rp 20 ribu per lembar saham.

Harga saham SM Entertainment yang tertinggi pada 2011 adalah 1.847 won per lembar saham. Namun, pada penutupan akhir 2012, saham SM hanya meningkat 8,3 persen. Lee Soo Man meraih posisi kedua sebagai bos label dunia hiburan terkaya di Korea.

Posisi ketiga ditempati oleh Bae Yong Joon. Ia merupakan pemilik saham mayoritas pada Key East Entertainment. Posisi keempat ditempati oleh penyanyi Yang Soo Kyung. Sedangkan posisi kelima diraih oleh Park Jin Young dari JYP Entertainment.

Kesuksesan BigBang dan 2NE1, dua grup band andalan YG, juga ikut mendongkrak saham YG. Artis YG lainnya adalah Se7en, Gummy, JinuSean, Epic High, Tablo, dan Lee Ha Yi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement